Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 7 Alasan Mengapa Indikator MACD Akurat untuk Digunakan Selama Trading

Dewasa ini, tidak sedikit orang yang melakukan aktivitas trading saham memutuskan untuk memakai salah satu indikator terbaik seperti Moving Average. Walaupun begitu, masih banyak yang tidak tahu secara detail mengenai alasan indikator MACD akurat untuk dijadikan sebagai pilihan yang terbaik. Ditambah lagi, jenis indikator tersebut termasuk dalam kategori yang populer.

Secara garis besar, indikator Moving Average atau MACD dapat dipahami sebagai contoh indikator analisis teknis yang terdiri dari beberapa komponen. Karakteristik yang dimiliki oleh indikator yang diciptakan secara khusus oleh Gerald Appel ini terletak pada fitur-fitur sederhana yang mudah diaplikasikan. Sementara ukuran betapa akurat MACD dapat diketahui melalui uraian ini:

1. Menghitung Tren yang Terkini

Pertama-tama, terdapat aspek yang termasuk ke dalam karakteristik dari indikator Moving Average yang dapat menunjukkan keakuratan yang dimiliki dalam trading. Sejak awal indikator ini selalu aktif melakukan perhitungan tren pasar yang sesuai dengan kondisi terkini sehingga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Selain itu, indikator ini juga menghitung kekuatan yang dimiliki tren.


2. Menganalisis Pasar Secara Detail

Indikator Moving Average juga mampu menunjukkan sifat keakuratan yang dimiliki dalam proses trading saham melalui analisis detail terhadap kondisi pasar. Melalui bantuan dari pergerakan garis dan kurva batang yang dimiliki, indikator ini dapat menunjukkan apakah pasar sedang dalam kondisi overbought. Moving Average juga dapat menunjukkan kondisi pasar yang ternyata oversell.


3. Memprediksi Harga Saham Tertinggi

Selanjutnya ada alasan mengapa jenis indikator MACD akurat untuk dimasukkan ke dalam daftar rekomendasi pilihan yang perlu diketahui terlebih dahulu. Indikator ini memiliki karakteristik sekaligus kelebihan dalam melakukan prediksi terkait dengan harga saham yang kira-kira ditawarkan pasar di masa depan. Umumnya, indikator ini akan menunjukkan harga saham yang paling tinggi.


4. Melihat Potensi Pembalikan Harga

Melanjutkan yang dijelaskan sebelumnya pada paragraf pembuka terkait kategori indikator analisis teknis, MACD juga memiliki kemampuan lainnya yang bersifat menguntungkan. 

Indikator MACD mampu melakukan prediksi harga saham mana yang memiliki kemungkinan yang tinggi untuk mengalami pembalikan harga di pasar. Oleh karena itu, prediksi tersebut dapat dimanfaatkan oleh trader sesuai kebutuhan.


5. Memanfaatkan Jenis Fitur Divergence

Sementara di sisi lain, berdasarkan kepanjangan yang dipakai, alasan mengapa jenis indikator MACD akurat dapat dilihat dari divergence yang dipakai. Secara garis besar, dalam proses pengaplikasiannya, indikator ini memanfaatkan fitur divergence yang dimiliki untuk memeriksa tren yang terjadi di pasar. Kemudian jika mengalami kegagalan, masih akan diprediksi terkait perubahan harga.


6. Mengecek Area yang Signifikan

Kemudian jenis indikator MACD ini memiliki keunggulan lainnya yang dapat dipahami dari adanya fitur canggih bernama candlestick yang telah dimiliki. Fitur tersebut dapat membantu untuk memeriksa secara khusus pada area-area yang signifikan pada pasar saham dengan bantuan dari divergensi. Walaupun begitu, area yang dimaksud tersebut biasanya tetap didasarkan pada teknis.


7. Memiliki Sensitivitas yang Tinggi

Terakhir, hal yang membuat indikator MACD dikatakan akurat untuk dipakai oleh para trader adalah karena sifat sensitivitas yang bersifat tinggi. Indikator MACD ini sebenarnya dapat melakukan pengecekan terhadap sensitivitas yang mengarahkan pada bullish dan spesifitas yang mengarahkan ke bearish. Namun biasanya sensitivitas yang lebih dicari oleh trader ketika trading saham.


Penjelasan di atas tentang apa saja alasan mengapa jenis indikator MACD akurat untuk dipakai dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan terbaik. Indikator MACD ini dapat dimanfaatkan secara tepat untuk melihat kekuatan tren yang terkini dan menganalisis secara detail terkait kondisi pasar. Selain itu, indikator ini dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi pembalikan harga. 

Posting Komentar untuk "Ini 7 Alasan Mengapa Indikator MACD Akurat untuk Digunakan Selama Trading"