Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Petunjuk Cara Trading Crypto bagi Pemula agar Untung Optimal

Beragam jenis trading kini semakin diminati masyarakat demi mendapatkan profit. Salah satu jenis trading yang cukup populer adalah trading crypto. Selain trading forex, crypto ini sekarang semakin banyak diminati. Kali ini akan dibahas seperti apa cara trading crypto bagi pemula supaya bisa lebih mudah mendapatkan untung optimal.

1. Buat Akun

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh para pemula adalah membuat akun terlebih dahulu. Tanpa akun maka trader tidak akan bisa melakukan aktivitas trading. Pembuatan akun dilakukan dengan mendaftar di Exchanger, bursa, maupun platform apapun yang bisa memfasilitasi trading crypto.
Indonesia sudah menyediakan beberapa platform yang dapat memfasilitasi trading crypto. 


Pilihlah platform yang tepat dan dirasa paling praktis untuk diakses oleh pemula. Beberapa contoh platform yang bisa diakses adalah Indodax, Tokocrypto, serta Luno. Pastikan platform yang digunakan memang sudah banyak dipakai oleh trader lainnya.

2. Lakukan Deposit

Jika sudah memiliki akun, maka trader bisa langsung melakukan pembayaran deposit. Selain akun, trader harus punya modal supaya bisa memulai trading. Namun sebelum bisa membayar modal untuk deposit, trader harus memastikan bahwa akun sudah selesai diverifikasi. Proses verifikasi biasanya tidak membutuhkan waktu lama hingga akun bisa diakses dan dipakai.

Berapa banyak modal yang bisa didepositokan? Lihat kembali ketentuan yang ditawarkan oleh platform trading. Metode pembayaran modal juga bisa dilihat lewat aturan dari platform yang dipilih. Setelah melakukan pembayaran, pastikan bahwa modal tersebut memang sudah masuk ke akun dan bisa digunakan.

3. Lakukan Pembelian

Setelah mendaftar akun dan memiliki modal, langsung saja lakukan pembelian. Pembelian aset crypto ini akan menjadi awal mula bagi trader untuk menjalani langkah trading. Pemilihan aset crypto harus dilakukan dengan cermat agar bisa profit. Pilihlah aset crypto yang punya market cap besar.

Bagaimana caranya mengetahui bahwa aset crypto tersebut memiliki market cap besar? Trader bisa memeriksanya di coinmarketcap.com. Lewat situs ini nantinya bisa dilihat market cap yang dimiliki oleh aset crypto tersebut. Namun situs ini akan menampilkan harga dalam bentuk US dollar. Jika ingin memeriksanya dalam bentuk rupiah maka pakai saja platform yang berasal dari Indonesia.

4. Tunggu Harga Naik Jika Mau Menjual

Berikutnya, cara trading crypto bagi pemula supaya bisa mendapat untung optimal adalah menunggu sampai harga aset naik. Kenaikan harga aset ini sangat berharga karena bisa menjadi peluang untuk mendapatkan profit. Jika ada kenaikan harga aset, maka segera ambil posisi jual untuk memperoleh untung dari selisih harga jual beli.

5. Ambil Langkah Trading dengan Logika

Kunci trading crypto bagi para pemula adalah lakukan trading dengan mengandalkan logika. Jangan mengedepankan emosi apalagi keserakahan. Utamakan logika dan selalu gunakan analisis yang mendalam. Ini tak hanya berlaku untuk jenis trading crypto namun berbagai tipe trading lainnya. 

Jangan pernah terbawa emosi karena bisa menyebabkan trader justru merugi besar.
Penting sekali bagi trader pemula untuk berhati-hati dalam mengambil keputusan. Hindari langkah yang terburu-buru apalagi tanpa pemikiran matang. Jika sebelumnya memang tak ada gambaran sama sekali tentang jenis trading ini maka cari referensi dulu supaya tak salah ambil langkah.


Itulah tadi petunjuk cara trading crypto bagi pemula yang aman dan bisa menghasilkan profit. Jenis trading ini memang disebut bisa mendatangkan banyak keuntungan. Namun di sisi lain resikonya juga cukup besar. Pastikan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dan ambil langkah trading dengan penuh pertimbangan.

Posting Komentar untuk "Petunjuk Cara Trading Crypto bagi Pemula agar Untung Optimal"