Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Moving Average Convergence Divergence Adalah Indikator yang Harus Dikuasai Trader

Moving average convergence divergence adalah indikator yang wajib dikuasai trader. Khususnya jika trader memang berniat ingin meningkatkan potensi keuntungan. Dengan menggunakan teknik analisi ini trader bisa mengetahui bagaimana peran harga aset secara real time.

Meskipun demikian masih cukup banyak trader yang asing dengan moving average convergence divergence. Bagi trader yang sama sekali belum mengetahui tentang indikator analisis ini, simak info lengkapnya di bawah ini.

Mengenal dan Memahami Moving Average Convergence Divergence

Dalam trading, menguasai dan menggunakan indikator analisis sangat penting. Moving average convergence divergence adalah indikator yang sudah ada sejak tahun 1978. Indikator analisis Ini pertama kali diperkenalkan oleh seseorang bernama Gerrard Apple. Moving average convergence divergence juga menjadi salah satu analisis yang menjadi favorit para trader selama puluhan tahun.


Mengapa demikian? Salah satu hal yang membuat indikator analisis ini populer itu karena kemudahannya dalam memprediksi tren harga aset. Tak hanya itu, bahkan analisis ini juga bisa digunakan untuk melihat Kapan momentum yang tepat untuk mengambil keputusan trading.

Maka dari itu tak heran jika MACD banyak digunakan trader untuk trading saham, forex hingga obligasi. Dalam praktiknya banyak trader yang menggunakan teknik analisis moving average convergence divergence bersamaan RSI.


Apakah MACD dan RSI Memiliki Fungsi yang Sama?

Karena MACD dan RSI sering digunakan secara bersamaan maka tak heran jika banyak trader yang mempertanyakan apakah fungsi dari keduanya sama? Jika dilihat dari tujuannya pada dasarnya MACD dan RSI memiliki fungsi berbeda.

RSI merupakan indikator analisis yang ditujukan untuk melihat fluktuasi atau penurunan harga dari suatu aset. Kemudian indikator ini juga bisa memberikan informasi yang cukup kepada trader apakah suatu aset sudah dalam kondisi jenuh beli atau jual.

Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa MACD dan RSI jelas berbeda. MACD ditujukan untuk melihat bagaimana tren harga aset. Sedangkan RSI hanya melihat fluktuasi harga. Adapun tujuan dari penggunaan kedua indikator ini secara bersamaan yaitu untuk mendapatkan hasil analisis yang lengkap dan meningkatkan kepastian terhadap kondisi suatu pasar.

Meskipun demikian, tak jarang kedua indikator Ini menunjukan hasil analisis yang berbanding terbalik. Misalnya ketika indikator RSI menunjukkan kondisi pasar sedang mengalami jenuh jual, sementara MACD menunjukkan momen yang sangat bagus untuk membeli atau menambah aset.


Keunggulan Indikator Analisis MACD

Setiap indikator analisis dalam trading tentunya memiliki keunggulannya tersendiri. Banyak trader yang menggunakan indikator analisis MACD karena sudah merasakan keunggulannya yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan potensi keuntungan. Berikut beberapa keunggulan dari MACD:

1. Mudah Digunakan

Indikator analisis yang satu ini memang mudah digunakan sehingga trader pemula pun tidak akan kesulitan untuk mempelajarinya. Untuk melihat hasil analisis MACD, produk hanya perlu mengamati grafik dari tren harga pasar.

2. Hasil Analisis yang Cepat

Selain mudah, MACD juga akan memberikan hasil analisis yang cepat. Asalkan, trader sudah memahami trik menggunakannya. Jangan khawatir, dalam hal ini trader hanya perlu mengamati garis sinyal pada grafik.

Ketika garis sinyal terlihat lepas dan berada di bawah angka 0 maka MACD menunjukkan momen yang baik bagi trader untuk membeli aset. Sementara itu, ketika garis sinyal berada di atas angka 0 maka sinyal beli sedang ditunjukan MACD.

3. Dapat Dikombinasikan dengan Indikator Lainnya

MACD bisa dikombinasikan dengan indikator lainnya untuk menunjukan hasil analisis yang lebih pasti. Selain dikombinasikan dengan RSI sebetulnya masih ada beberapa indikator yang bisa dipasangkan dengan MACD selagi trader menguasai tekniknya.


Setelah mengetahui beberapa informasi penting di atas, maka bisa dikatakan bahwa moving average convergence divergence adalah indikator wajib digunakan dan dikuasai trader. Selain caranya yang mudah, MACD juga akan menunjukan momen terbaik untuk jual beli aset.

Posting Komentar untuk "Moving Average Convergence Divergence Adalah Indikator yang Harus Dikuasai Trader"