Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Fibonacci Retracement dengan Benar

Bagi seorang trader, menggunakan suatu tool merupakan hal yang wajar. Dengan banyaknya tool yang tersedia, ada satu yang biasa disebut fibonacci retracement. Cara menggunakan fibonacci retracement dalam trading memiliki beberapa patokan tertentu. Dengan mengikuti cara yang ada, maka hasilnya juga akan menguntungkan.


Ada beberapa poin langkah yang memang harus dilakukan. hal ini berkaitan langsung dengan keuntungan yang bisa didapat secara menyeluruh. Bagi yang ingin menggunakannya, pasti penasaran dengan berbagai cara yang ada. Berikut adalah penjabaran caranya yang bisa dipakai secara langsung:

1. Pahami Level Fibonacci

Pada poin pertama, pastikan untuk memahami apa saja level-level fibonacci. Dengan memahami setiap detailnya, maka akan ada banyak poin manfaat yang bisa didapat. Salah satunya adalah mendapatkan referensi mengenai adanya titik masuk dan titik keluar. Tentunya, referensi yang diberikan adalah yang paling menguntungkan.

Namun perlu diketahui juga, bahwa tidak selamanya referensi yang diberikan bernilai positif. Ada kalanya referensi yang diberikan malah mengacu pada poin negatif sehingga tidak layak untuk diaplikasikan. Maka dari itu, untuk menggunakan fibonacci ini tidak hanya berpacu pada pemahaman level saja tapi juga pada poin penting lainnya.


2. Gunakan Secara Bersamaan dengan Indikator Teknikal Lain

Selain memahami level fibonacci, langkah lanjutan yang bisa dilakukan adalah memakai alat ini secara bersamaan dengan indikator teknikal lainnya. Penggunaan metode ini juga bukan tanpa alasan. Trader yang menggunakan metode ini bisa meningkatkan potensi keuntungan yang akan didapatkan selama penggunaannya.

Asal dengan metode yang benar, maka probabilitas keberhasilannya akan meningkat secara signifikan ke arah yang lebih baik. Namun perlu diperhatikan juga pemanfaatannya. Karena dikombinasikan dengan indikator teknikal lain, maka pemakaiannya harus seimbang sehingga bisa dihasilkan keuntungan yang besar.


3. Gunakan Level Fibo dengan Garis Tren

Cara menggunakan fibonacci retracement yang ketiga adalah dengan menggunakan level fibo dengan garis tren. Untuk melakukan metode ini, seorang trader harus menarik plot fibo dan dilanjutkan dengan menarik garis tren. Dengan demikian, maka hasil yang terbaik akan tercermin dan bisa dipakai untuk memperoleh keuntungan.

Bagaimana hasilnya bisa tercermin? Jadi, trader hanya perlu melihat titik potong dua garisnya. Pada titik potong itulah akan diberikan referensi titik entry yang tentunya paling optimal. Jadi, seorang trader bisa mengetahui kapan harus masuk lagi sehingga prediksi hasil yang diinginkan bisa dicapai dengan mudah.


4. Gabungkan Alat Fibo Retracement dengan Pola Candlestick

Pada poin metode yang keempat, seorang trader bisa memanfaatkan pola candlestick. Bagaimana pola ini bisa dipakai? Trader hanya perlu menggabungkan alat fibo dengan pola candlestick ini dengan langkah yang tepat. Setiap pola candlestick yang letaknya ada di samping level fibonacci mencerminkan pergerakan harga.

Jika diperhatikan, pergerakan harga ini bisa menargetkan ke arah yang terbaru. Jadi, para trader bisa memakainya sebagai acuan dalam mengaplikasikan berbagai metodenya. Sedangkan untuk hasilnya, tentu akan mengarah ke arah yang positif dan bisa memberi keuntungan yang lebih optimal dan maksimal lagi.


5. Perhatikan Target

Terakhir, perhatikan target yang diberikan. Setelah semua proses dilakukan, maka akan ada target yang diberikan sebagai referensi. Target ini bisa dipakai sebagai bahan acuan untuk mencapai keuntungan. Jika target ini diabaikan, maka semua proses di atas tidak akan ada artinya karena hasilnya tidak dipakai.


Lima penjabaran mengenai cara menggunakan fibonacci retracement di atas tentunya bisa dipakai sebagai acuan oleh setiap trader. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, memang membutuhkan usaha untuk terus belajar. Namun jika sudah terbiasa, maka trader pemula pun akan mudah mengaplikasikan alatnya.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Fibonacci Retracement dengan Benar"