Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu CFD Trading?

Apa Itu CFD Trading - Sebagian orang belum banyak yang mengenal apa itu CFD, dan cara trading CFD. Maka dari itu, kami hadirkan informasi ini untuk semakin menambah wawasan anda terkait dunia trading, khususnya CFD.

Apa Itu CFD?

Di Indonesia sendiri, CFD memang kurang populer. Jadi, tidak heran jika belum banyak orang yang tahu atau mengenal istilah CFD. Padahal faktanya, CFD sendiri sudah mulai diperkenalkan sejak tahun 90an. Pada tahun-tahun itu bahkan CFD sudah banyak dipraktikkan, khususnya di daerah London, Inggris.

CFD adalah singkatan dari Contract for Difference. CFD Trading bisa diartikan sebagai sebuah aktivitas perdagangan kontrak derivatif CFD antara buyer dan juga seller dengan kesepakatan harga jual-beli tertentu dalam instrumen keuangan yang variatif.

Penjelasan sederhananya kira-kira seperti ini, Seorang buyer dan seller mengikuti sebuah transaksi yang berdasarkan pada pergerakan harga, misalnya saham. Ketika harga saham tersebut naik, maka si seller akan membayarkan selisih harganya pada buyer.

Begitupun sebaliknya, ketika mengalami penurunan harga saat penutupan, maka pembeli yang berkewajiban membayarkan selisih harga saham kepada seller.

Dalam hal ini, sesungguhnya aktivitas tersebut memberikan sebuah cara yang lebih sederhana untuk spekulasi terhadap pasar, tanpa kemudian harus memiliki sebuah aset yang sesuai dengan kontrak yang ada. Selisih atau yang juga disebut spread inilah yang notabene diinginkan oleh setiap trader di seluruh dunia.


Kenapa Trader Memilih CFD Trading?

Beberapa alasan ini melatarbelakangi alasan para trader menggeluti CFD trading :

  • Keuntungan dari Seller maupun Buyer

Setiap trader akan memiliki hak eksklusif untuk menentukan atau memilih buy atau sell. Dalam CFD trading, trader bisa tetap mendapatkan keuntungan bahkan ketika penjualan aset keuangannya mengalami penurunan harga. Dengan begitu, kerugian bisa lebih diminimalisir.

  • Proteksi Portofolio investasi

CFD trading bisa dipakai untuk menghindarkan diri dari kerugian saat mengambil posisi sell dalam market. Proteksi kepada portofolio investasi saat terjadi kenaikan volalitas harga market dan resiko besar dapat dicegah dengan CFD.

  • Akses Global dalam Satu Akses

Umumnya broker yang menawarkan jasa CFD trading menyediakan berbagai macam produk atau instrumen trading di pasar global. Terutama market-market besar dari negara maju seperti AS, Eropa, dan lain sebagainya.


Leverage dan Margin di CFD Trading

Jika kita bandingkan dengan jenis trading lainnya, secara umum CFD memiliki nilai leverage yang lebih tinggi dengan margin yang rendah. Sebagaimana pentingnya leverage dan margin pada perdagangan forex, begitu pula posisi margin dan leverage di aktivitas perdagangan CFD trading.

Margin dari CFD trading umumnya hanya berkisar dari 3%. Keunggulan lainnya adalah seorang trader hanya perlu melakukan setoran dengan prosentase yang kecil dari jumlah nilati trade.

Namun, yang perlu anda perhatikan adalah, walaupun leverage tinggi juga berpotensi untuk menghasilkan profit yang besar, demikian juga resiko kerugiannya.


Bagaimana Cara Trading CFD?1. Menentukan Instrumen Trading

Seperti pada umumnya, sebelum trading anda harus terlebih dahulu menentukan di instrumen mana akan bermain. Apakah CFD saham, CFD kripto, indeks, atau komoditas.

2. Penentuan Posisi

Untuk menunjang penentuan buy and sell pastikan anda paham dan telah menggunakan tools penunjang seperti grafik, indikator, dan sinyal dengan baik.

3. Memilih Platform

CFD trading juga support untuk penggunaan platform dari MetaTrader, baik MT4 maupun MT5


Itulah sekilas ulasan kami tentang CFD trading. Semoga artikel ini bermanfaat! Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar anda di bawah konten artikel ini.

Posting Komentar untuk "Apa Itu CFD Trading?"