Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ada Apa Saja Fitur Teknologi Blockchain? Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Untuk menghindari potensi masalah hukum, bagian ketiga yang terpercaya perlu mengawasi dan memvalidasi pembayaran. Kedatangan otoritas pusat ini tidak hanya merumitkan pembayaran akan tetapi juga membuat suatu titik kelemahan.

Apabila basis data pusat diseludupi, kedua belah pihak nantinya kan dirugikan. Blockchain menghilangkan masalah itu dengan membuat sistem yang terdesentralisasi dan antirusak untuk menulis pembayaran. 

Dalam skrip pembayaran properti, blockchain menciptakan buku besar, untuk masing-masing satu pada penjual dan pembeli. Seluruh pembayaran harus diverifikasi oleh kedua belah pihak dan dengan otomatis di upgrade di kedua buku besar dan dengan waktu yang nyata.

Di tiap perubahan dalam pembayaran historis nantinya akan merusak semua buku besar. Alat-alat blockchain ini sudah dimanfaatkan di berbagai sektor, termasuk juga penciptaan mata uang digital contohnya seperti Bitcoin. 


Fitur-Fitur yang Terdapat di Teknologi Blockchain

Teknologi blockchain mempunyai fitur utama yaitu sebagai berikut 

1. Desentralisasi

Desentralisasi di blockchain mengacu pada kontrol transfer dan pengampilan keputusan dari entitas yang terpusat (grup, organisasi, individu) ke platform terdistribusi. Platform blockchain yang terdesentralisasi memakai transparansi untuk mengurangi kebutuhan yang terpercaya diantara semua peserta. 

Platform ini juga memalangi peserta untuk tidak memakai otoritas atau kontrol satu sama lain dengan cara yang bisa menurunkan fungsionalitas jaringan. 

2. Ketetapan

Ketetapan berarti sesuatu yang tidak bisa ditukar maupun diubah. Tak ada peserta yang bisa mengutik-utik pembeyaran setelah ditulis ke buku besar bersama. Apabila catatan pembayaran berisikan kesalahan, kalian perlu menambahkan pembayaran yang baru untuk mengembalikan kesalahan itu, dan kedua pembayaran itu bisa dilihat oleh platform. 

3. Konsensus

Platform blockchain menetapkan protokol mengenai persetujuan pengguna untuk menuliskan pembayaran. Kalian bisa menyimpan catatan pembayaran baru hanya jika mayoritas lengguna dalam jaringan memberikan persetujuan mereka. 


Cara Kerja Blockchain

Walaupun mekanisme blockchain yang mendasarinya sulit, ini dia gambaran umum secara singkat dalam cara-cara berikut. Software blockchain  bisa mengotomatiskan sebagian besar cara-cara ini :

1. Catat transaksinya

Pembayaran blockchain menampilkan pergerakan aset fisik atau digital dari satu pihak ke pihak lain dalam platform blockchain. Pembayaran itu disimpan sebagai blok data dan bisa mencakup detail sebagai berikut :

  • Berapa banyak prasyarat yang dipenuhi selama pembayaran itu?
  • Berapa jumlah aset yang ditukarkan?
  • Mengapa pembayaran itu bisa terjadi?
  • Dimana pembayaran itu terjadi?
  • Kapan pembayaran itu terjadi?
  • Apa yang terjadi selama pembayaran itu?
  • Siapa saja yang ikut terlibat dalam pembayaran itu?
2. Dapatkan konsensus

Sebagian besar pengguna di platform blockchain terdistribusi perlu menyetujui bahwa pembayaran yang disimpan adalah valid. Tergantung pada tipe jaringan, protokol kesepakatan bisa berbagai macam. Akan tetapi, biasanya ditetapkan di awal jaringan. 

3. Tautkan blok

Setelah pengguna mencapai konsensus, pembayaran di blockchain dicatat ke dalam blok yang setara dengan halaman buku besar. Bersamaan dengan pembayaran, hash cryptografi juga ditambahkan ke blok baru.

Hash beraksi sebagai rantai yang menghubungkan blok bersama-sama. Apabila isi blok dirubah secara sengaja ataupun tidak sengaja, nilai hash berubah, menyediakan langkah untuk mendeteksi gangguan data.

Dengan begitu, rantai dan blok terhubung dengan aman, dan kalian tidak bisa mengubahnya. Tiap blok tambahan memperkuat persetujuan blok yang sebelumnya dan pada akhirnya, memperkuat semua platform blockchain. 

Langkah-langkah ini seperti menumpuk balok kayu untuk membentuk menara. Kalian hanya bisa menumpuk balok tersebut di atas, dan apabila kalian memindahkan balok tersebut dari tengah menara, semua menara akan runtuh atau jatuh. 

4. Bagikan buku besar

Platform itu mendistribusikan salinan terbaru dari buku besar pusat ke seluruh pengguna. 

Posting Komentar untuk "Ada Apa Saja Fitur Teknologi Blockchain? Dan Bagaimana Cara Kerjanya?"