Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trading Vs Investing: Apa Saja Perbedaannya? Simak di Sini!

Antara trading vs investing, apa saja perbedaannya? Mungkin pertanyaan ini sering diungkapkan oleh pemula yang masih kebingungan untuk memilih trading atau investing. 

Meskipun keduanya sama-sama bisa menghasilkan keuntungan, tetapi baik trading maupun investing memiliki perbedaan yang mendasar. Inilah beberapa perbedaan yang wajib diketahui oleh pemula :

1. Tujuan

Trading dan investasi memiliki tujuan yang berbeda sehingga sebaiknya pemula mempelajari terlebih dahulu mana yang paling cocok dengan target yang diinginkan. Seseorang yang bermain trading pada umumnya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu dekat.

Aset dalam trading juga tidak akan ditahan oleh trader karena tujuan pembeliannya hanya untuk dijual kembali. Sementara itu dalam investasi tujuannya yaitu untuk menghasilkan cuan dalam jangka waktu yang lebih lama. Seseorang yang bermain investasi harus lebih sabar dari bermain trading.

Sebab aset dalam investasi lebih banyak dari trading sehingga untuk menentukan momen yang menguntungkan juga akan lebih bervariasi dan lebih lama. 

Orang yang memilih investasi juga biasanya tidak ingin buru-buru melepas aset. Oleh karena itu permainan investasi bisa berlangsung hingga puluhan tahun.


2. Strategi Analisis

Kalau ditanya trading vs investing dalam hal strategi, maka investing bisa dikatakan lebih banyak peminatnya karena investor tidak perlu terlalu aktif melakukan analisis. 

Hal ini dikarenakan target atau tujuan dari investor itu sendiri yang tidak ingin buru-buru untuk melepas atau menambah aset. Sementara itu, bagi seseorang yang ingin melakukan trading harus lebih aktif mengetahui kondisi pasar dan membuat strategi analisis.

Sebab, tujuan yang ingin dicapai dalam trading yaitu mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya tetapi dalam waktu yang lebih singkat. Strategi analisis dalam trading juga harus didukung dengan keaktifan trader dalam mengupdate informasi terkait kondisi pasar serta kondisi negara asal aset yang dimiliki.


3. Manfaat yang Didapatkan Pemain

Pemain investasi atau biasa disebut investor berkesempatan mendapatkan manfaat yang lebih banyak daripada bermain trading. Antara lain yaitu pemecahan saham bonus hingga dividen. 

Sementara itu itu manfaat tersebut tidak akan didapatkan oleh trader karena sifat dalam teding lebih ditujukan untuk jangka waktu dekat.


4. Teknik Perlindungan

Teknik perlindungan merupakan suatu upaya yang dilakukan pemain untuk tetap bisa mempertahankan finansialnya sehingga tidak mengalami kerugian meskipun kondisi pasar sedang memburuk. 

Dalam investasi teknik perlindungan yang pada umumnya dilakukan oleh investor yaitu menunggu waktu hingga harga dari aset yang telah dimilikinya pulih kembali.

Karena investor tidak bertujuan bermain dalam waktu dekat maka baginya tidak masalah untuk menunggu harga kembali pulih apalagi jika perusahaan pemegang aset memiliki prospek bagus. Sementara itu teknik perlindungan yang dilakukan oleh trader dalam bermain trading yaitu stop loss.

Istilah ini diartikan sebagai suatu upaya untuk melepas semua aset yang telah dimiliki karena dalam waktu dekat harga aset akan anjlok. Jadi daripada trader menanggung kerugian karena harga aset anjlok, maka lebih baik menjual semua aset tersebut.


5. Potensi Risiko

Potensi resiko trading lebih besar dibandingkan dengan investasi. Oleh karena itu trading sebetulnya tidak disarankan bagi seseorang yang sama sekali belum pernah bermain investasi. Dalam trading perkembangan pasar sangat sulit untuk diprediksi, khususnya bagi pemula.

Perkembangannya sangat dinamis sehingga bisa saja dalam jangka waktu dekat harga aset yang telah dibeli mendadak turun. Sementara itu dalam investasi potensi resiko tidak terlalu besar karena investor masih bisa menunggu hingga kondisi pasar kembali pulih.


Itulah 5 perbedaan trading dan investing. Jadi, jika ditanya siapa pemenang dan yang paling unggul dari trading vs investing, jawabannya relatif karena tujuan dan kebutuhan setiap orang berbeda. 

Bagi seseorang mungkin investing menjadi pilihan terbaik, tetapi bagi orang lain bisa saja trading yang dianggap lebih baik karena tak ingin terlalu lama bermain.

Posting Komentar untuk "Trading Vs Investing: Apa Saja Perbedaannya? Simak di Sini!"