Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Cara Trading Saham yang Benar untuk Pemula

Trading memang tengah menjadi kegiatan ekonomi yang populer dari beberapa tahun belakangan ini. Keuntungan yang bisa didapatkan serta informasi yang diberikan sosial media untuk mempromosikan kegiatan ini. 

Banyak masyarakat akhirnya ingin menjadi seorang trader karena pengaruh dari 2 hal tersebut. Namun, sebagai trader pemula tentunya harus mengetahui cara trading saham yang benar supaya keuntungan yang didapat juga bisa sesuai dengan yang diharapkan.

Beberapa cara ini bisa dibilang merupakan tahap awal yang perlu dilakukan untuk mulai melakukan trading di suatu platform terpercaya. Nah, lalu bagaimana sih cara melakukan trading bagi pemula yang benar? Simak ulasannya berikut ini:

1. Cari Tahu Tentang Pasar Modal

Mencari informasi valid tentang pasar modal serta saham adalah hal pertama yang pastinya harus dilakukan oleh seorang trader. Pemahaman ini diperlukan untuk mengetahui bagaimana cara melakukan trader yang benar serta mengetahui bagaimana proses jual beli saham di trading. Hal ini juga berfungsi untuk mengetahui dan membedakan mana sekuritas yang tepat untuk dibeli sahamnya.


2. Memahami Cara Menganalisis Saham

Hal selanjutnya yang perlu diketahui oleh trader pemula adalah memahami cara menganalisis pergerakan dari harga saham yang ada pada suatu trend. Analisis inilah yang nantinya akan membantu trader untuk dapat mengambil keputusan atas saham yang tengah trend. Tentunya dengan pertimbangan analisis yang ada dalam chart yang menampilkan pergerakan dari harga saham.


3. Persiapkan Modal

Cara trading saham yang benar selanjutnya adalah mempersiapkan modal awal yang akan digunakan. Dana sebagai modal awal ini tentunya menjadi poin penting yang harus dipertimbangkan dan dipersiapkan. Pastikan bahwa uang yang akan digunakan bukan merupakan uang panas yang bisa saja memiliki resiko lebih tinggi bila mengalami capital loss.


4. Membuka Rekening

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan apabila ketiga persiapan diatas telah terpenuhi adalah melakukan pembukaan rekening. Trader diharuskan untuk membuka rekening pada sekuritas efek. Sama seperti pembukaan rekening pada bank, trader juga harus menyertakan dokumen pendukung seperti KTP, NPWP serta dokumen lain yang diperlukan.

Pastikan bahwa sekuritas yang bersangkutan telah terdaftar dalam OJK.  Langkah ini dilakukan supaya nantinya trader tidak mengalami penipuan yang bisa saja dilakukan oleh lembaga tidak bertanggung jawab dan bersifat ilegal.


5. Setoran Deposit

Tahap selanjutnya adalah mulai menyetorkan deposit yang nantinya digunakan sebagai modal dalam proses pembelian saham. Biasanya deposit ini akan berbeda pada setiap sekuritasnya. Hal ini ditentukan berdasarkan ketentuan yang berlaku dalam setiap sekuritas. Silakan ikuti proses yang berlaku sesuai arahan dari sekuritas yang bersangkutan.


6. Mulai Lakukan Pembelian Saham

Tentunya membeli saham akan menjadi langkah pertama yang harus dilakukan bila proses diatas telah dilakukan. Namun, sebelum melakukan pembelian akan ada baiknya bila trader terlebih dahulu melakukan kroscek terhadap perusahaan bersangkutan. Pastikan juga bahwa saham yang dijual dalam status yang baik serta memiliki kemungkinan laba bila dijual kembali.

Hal ini bisa dipastikan melalui berbagai metode salah satunya adalah mengetahui keadaan ekonomi negara. Faktor lain yang bisa mempengaruhi adalah media sosial yang menjadi salah satu penggerak pertumbuhan harga saham.


7. Lakukan Analisis Teknikal

Memahami analisis teknikal dalam trading akan menjadi faktor penting yang tidak boleh terlewat. Hal ini karena pada suatu analisis teknikal yang dilakukan oleh seorang trader bisa jadi menjadi faktor penentu pengambilan keputusan setelah mengetahui pergerakan harga.


Itulah tadi cara trading saham yang benar bagi pemula. Ketujuh tahap ini memang masih sebagian kecil dari tips yang bisa dilakukan. Akan banyak lagi pertimbangan dan cara yang perlu dilakukan dalam melakukan trading saham untuk kemudian menjadi trader profesional.

Posting Komentar untuk "Ini Dia Cara Trading Saham yang Benar untuk Pemula"