Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Exponential Moving Average Adalah Begini, Simak Penjelasannya Sampai Habis!

Dalam dunia investasi saham dan trading, exponential moving average adalah salah satu cara yang digunakan untuk menghasilkan profit dengan mudah. Hal tersebut tentunya tidak semata-mata mengandalkan keberuntungan, namun kemampuan dalam analisislah yang paling penting. 

Keterampilan dan kemampuan dalam melihat pasar juga tidak bisa luput di didalamnya, berikut penjelasan lengkapnya.


Pengertian Exponential Moving Average Adalah?

Memposisikan bobot poin lebih tinggi secara signifikan di sebuah data terkini merupakan pengertian Exponential Moving Average atau yang disingkat EMA. Sistemnya menerapkan pertimbangan eksponensial yang sangat aktif terhadap perubahan harga ketimbang dengan SMA yang berdasarkan pada pengamatan setiap periodenya.

Jika dibandingkan dengan SMA yang mempunyai perhitungan sederhana, berbanding dengan EMA, dimana perhitungannya cukup rumit. Jadi, memungkinkan seorang pemula memerlukan waktu untuk mempelajarinya. Efek yang diberikan pun cukup baik, dimana tingkat sensitivitas terhadap harga pasar lebih agresif

Sebenarnya cara kerjanya hampir mirip dengan WMA, namun yang membedakannya adalah keterbaruan data terupdate dari EMA. Pemfilteran data yang dilakukan secara infinite, sehingga membuat beberapa data lama berkurang. Hal ini dapat meningkatkan kemudahan saat melakukan proses pencarian.


Bagaimanakah Cara Membaca Indikator EMA?

Tren pasar saat ini sepertinya sangat cocok dengan keseluruhan indikator moving average. Saat terjadi kenaikan harga yang sangat tinggi dan berkala, maka garis yang terdapat dalam indikator EMA akan menunjukan pergerakan serupa. Trader yang sudah profesional biasanya tidak hanya akan memperhatikan hal itu saja, namun keterkaitan antara perubahan grafik pun terpantau.

Dapat digambarkan dengan contoh kasus, jika terjadi suatu perubahan tren mendatar dan terbalik, maka akan terjadi perubahan pada EMA. Pergerakan grafik yang sebelumnya berpindah-pindah akan sedikit berkurang berdasarkan indikator tanpa adanya perubahan dilaju nol.

Berikutnya untuk tahap penggunaanya bisa dipakai bersama dengan melakukan konfirmasi pergerakan pasar disertai dengan pengukuran validitas di dalamnya. Hal ini berlaku untuk para investor yang melakukan trading harian. Sering investor tersebut melakukan perdagangan ketika tren menunjukkan kenaikan yang cukup tinggi, sehingga memungkinkan untuk memulainya dari sisi terpanjang grafik.


Kegunaan EMA

Bagi pemula yang baru mengenal investasi beserta jenis indikatornya dalam trading dan saham, tentu bertanya-tanya apa fungsinya. Tidak mungkin sebuah sistem bekerja tanpa adanya sebuah kegiatan yang jelas. Berikut, adalah penjelasan terkait fungsinya yang ada di dalamnya yaitu:

  • Identifikasi Tren Saham. Tersedianya grafik dalam tampilan analisa pasar, mempermudah trader untuk melihat pergerakan serta perubahan yang terjadi. Analisanya, jika harga berada pada posisi terbawah, maka akan ditunjukan dengan garis yang berada di area bawah.
  • Mengetahui Kapan Tren Terjadi. Hanya dengan melihat perubahan pada pola perpotongan MA20 dan MA50 sudah tahu kapan waktunya pengembalian tren terjadi.
  • Menetapkan Support dan Resistance. Supaya dapat menentukan posisi dari  Support dan Resistance yakni dengan cara menggabungkan dua jenis moving average.


Kekurangan Indikator EMA

Setiap kelebihan tentunya ada kekurangan, begitupun dengan EMA, meskipun terkenal cepat dan responsif dalam pembaharuan data. Tidak bisa dipungkiri bahwa kelemahan yang paling berbahaya yaitu adanya kekeliruan saat proses konsolidasi. Hal tersebut dapat saja terjadi karena sinyal rentan di dalamnya, yang tadinya harga turun bisa saja secara mendadak menjadi naik. Inilah, yang mengakibatkan kesulitan trader dalam pengambilan langkah selanjutnya.

Responsible yang sangat cepat, rupanya tidak selalu menguntungkan, adakalanya harga pasar dapat mengecoh dengan tingkat kenaikan tren. Kurangnya ketelitian inilah yang membuat sebagian orang merugi dalam menggunakan indikator tersebut. Di sinilah pentingnya analisa mendalam dan pengendalian emosional diperlukan


Nah, kesimpulan dari exponential moving average adalah salah satu jenis MA yang dipergunakan untuk mengerjakan penyaringan sejumlah data. Kini pemakaiannya sudah banyak digunakan oleh para trader untuk membantu proses analisis yang terjadi pada pasar. Memungkinkan trading dapat berjalan lancar dengan sistem kerja yang terbilang cepat.

Posting Komentar untuk "Pengertian Exponential Moving Average Adalah Begini, Simak Penjelasannya Sampai Habis!"