Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Stochastic Oscillator Adalah Begini, Simak Penjelasannya di Sini!

Kini peluang usaha sudah sangat beragam, salah satunya saat ini yang paling banyak dicoba yaitu trading. Stochastic Oscillator adalah analisa teknik yang bertujuan untuk mempelajari berbagai struktur harga pada jangka waktu tertentu. Banyak hal terkait transaksi keuangan yang melibatkannya, berikut penjelasannya.


Pengertian Stochastic Oscillator Adalah?

Termasuk ke dalam kategori indikator dalam sebuah momentum, membuat peran Stochastic Oscillator atau SO sebagai penampil harga akhir. Akumulasi beserta selisih harga mulai dari terendah hingga tertinggi dapat terlihat dalam kurun waktu tertentu. Terdiri dari berbagai komponen yang kompleks. Patokan pada level overbought dan oversold sepenuhnya tidak berdasarkan hasil pengukuran.

Terdapat dua garis osillator yang mesti diperhatikan agar dapat memastikan transaksi jual beli terkonfirmasi. Adanya perpotongan garis ke atas yang dikenal dengan Golden Cross yang diinterpretasikan sebagai sinyal untuk pembelian saham. 

Jadi, kesimpulan dari  Stochastic Oscillator adalah pemberian sinyal dari sebuah indikator saham dalam transaksi keuangan lewat perpotongan dua garis.


Bagaimanakah Penggunaan Indikator Stochastic Oscillator?

Fungsi utama yang ada di dalamnya yaitu untuk dapat mengetahui keadaan serta kondisi overbought dan oversold pasar. Penggunaan dua garis yang sering terlihat, merupakan osilator dengan nama %K, ditandai dengan warna biru.dan %D berwarna merah. Nah, skema ini biasanya akan muncul dengan tampilan putus-putus.

Pemakaian Stochastic Oscillator sangat fleksibel, dimana tidak hanya dapat digunakan ketika berada di posisi turun dan naik saja namun juga datar atau sideway. Keadaan sideway ini merupakan situasi datar yang terjadi pada pasar. Biasanya hal tersebut terjadi karena adanya kekuatan yang sama antara harga naik dan turun, berikut ringkasannya yaitu :

1. Penanda Overbought dan Oversold

Memiliki fungsi yang paling mudah, dimana indikator di dalamnya hanya terdapat dua level ekstrim yaitu 20 dan 80. Grafik akan memberikan petunjuk dengan level di angka 80 apabila Overbought, berbanding terbalik ketika  Oversold yang berada di level 20.

Teknik tersebut meski dari luar tampaknya sangat sederhana dan mudah tetapi bukan berarti bisa secara langsung melakukan entry data. Lebih baik untuk melakukan entry ketika indikator memperlihatkan level terendahnya. Biasanya kasus seperti ini berada pada level di bawah 20, lalu kemudian grafik malah meningkat.

2. Entry Trading

Proses yang terjadi saat sinyal entry, akan lebih baik jika disertai dengan pengamatan pada garis yang bersilangan. Hal ini memungkinkan penunjukan sinyal akan terdeteksi saat garis saling berpotongan dari atas dan bawah.

3. Analisa menggunakan Divergence

Pemusatan yang dapat dilakukan untuk memfokuskan perbedaan di antara pergerakan harga dan indikator haruslah seimbang. Mempunyai fungsi sebagai proses yang dapat mendeteksi kapan waktu berlanjutnya sebuah tren harga atau sebaliknya.


Keunggulan Stochastic Oscillator

Indikator Stochastic Oscillator merupakan teknik paling banyak dipakai oleh para trader, sehingga membuatnya sudah tak asing lagi dalam trading. Mempunyai sejumlah kelebihan seperti teori dan praktik sederhana yang mudah digunakan. Tidak hanya itu terdapat kelebihan lainnya yaitu:

  • Memberikan sinyal Saat Harga Melemah.Pemberian sinyal ketika keadaan sedang mengalami penurunan harga adalah hal yang kerap dilakukan. Memungkinkan trader bertumpu pada Indikator Stochastic Oscillator dalam pengambilan keputusan.
  • Sensitivitas Tinggi. Tingkat sensitifitas membantu untuk pendeteksian sinyal lebih awal, namun sayangnya hal ini bisa menjadi sebuah kelemahan dalam waktu bersamaan.
  • Fleksibel. Keuntungan terakhir yaitu sangat fleksibel, dimana tidak berpengaruh saat harga mengalami berbagai kondisi seperti naik, turun dan datar.


Stochastic oscillator adalah sebuah indikator yang dapat dipergunakan untuk menilai tingginya kekuatan tren. Membuat perhitungan yang terdapat pada pasar semakin akurat. Jadi, sekarang trader mayoritas sudah mengenal dan juga akrab dengan sistem perhitungan yang satu ini.

Posting Komentar untuk "Pengertian Stochastic Oscillator Adalah Begini, Simak Penjelasannya di Sini!"