Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Swing Trading Adalah Begini, Simak Penjelasannya!

Bagi para trader yang sudah berpengalaman dalam trading pasti tak asing lagi dengan yang namanya swing. Sebenarnya pengertian Swing trading adalah merupakan salah satu pemanfaatan konsep yang merupakan salah satu tipe dasar. Banyak yang mengatakan jika teori yang digunakan terdengar mudah, namun bagaimanakah penjelasannya? Berikut ulasannya.


Apa Itu Swing Trading?

Jual beli saham yang menggunakan strategi swing trading adalah teknik yang bisa menghadirkan sejumlah keuntungan besar dalam waktu yang singkat. Penggunaanya saat ini dipakai untuk menetapkan analisis transaksi jual ataupun beli. Tujuannya yaitu untuk mendapatkan penghasilan dari setiap pergerakan aset berjangka.

Bagi trader yang memakai analisis fundamental sudah dapat dipastikan jika, menggunakan gaya trading swing. Sayangnya kondisi tersebut hanya digunakan dalam menganalisa pola harga dan tren saja. Trading tersebut juga mewajibkan para tradernya untuk selalu mempertahankan posisi short atau long ketika telah melewati lebih dari satu trading.

Kondisi tersebut dalam perdagangan biasanya tidak akan melebihi beberapa waktu seperti minggu atau bulan saja. Inilah yang disebut dengan kerangka waktu umum yang terdapat di dalamnya. Terkadang trader juga dapat memilih untuk mengambil alih posisi dalam jangka waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, beberapa orang menyebutnya sebagai seni untuk melihat peluang.

Di setiap proses berlangsungnya swing trading terdapat arah yang dipergunakan untuk menentukan pergerakan dari sebuah harga aset. Memungkinkan trader untuk bisa menetapkan keberadaanya pada posisi yang diinginkannya. 

Hal ini akan beresiko pada tahap akhir, dimana peluang untuk mendapatkan penghasilan lebih terbuka. Berikutnya beberapa hal semacamnya juga akan melakukan tindakan yang sama pada berbagai aset.

Aktivitas yang berkembang dengan penggunaan swing trading telah berdasarkan perbandingan antara resiko dan hasil. Implementasi dari hal tersebut akan menghasilkan analisa grafik dari setiap harga aset yang ditampilkan. Setiap trader yang sudah melakukan pemeriksaan grafik biasanya akan segera menetapkan waktu yang tepat untuk masuk pasar.


Kemungkinan Resiko Swing Trading

Dalam menggunakan swing trading sebagai teknikal untuk bermain saham tentu juga mempunyai kemungkinan resiko. Hal tersebut tidak hanya berlaku untuk pemula namun yang sudah profesional juga mengalaminya. Beberapa kesalahan dalam analisa akan menimbulkan dampak yang besar. Berikut, beberapa cara yang bisa digunakan untuk memperkecil resiko yaitu:

1. Average Down

Penggunaan strategi Average Down merupakan cara yang dilakukan dengan melakukan pembelian bertahap saat terjadi penurunan saham. Diibaratkan dengan mengeluarkan sejumlah dana hanya untuk membeli saham dari awal harga turun. Jika dianalisa secara lebih mendalam penggunaan strategi ini hanya akan menimbulkan kerugian.

Terlebih lagi harga yang selalu turun dari waktu ke waktu, namun ada sisi positif yang didapatkan yaitu ketika saham berbalik mengalami kenaikan. Apabila ingin berhasil dengan menggunakan strategi tersebut, maka memilih perusahaan yang tepat adalah solusinya.

2. Stop Loss

Harapannya yang terlalu tinggi seringkali tidak sejalan dengan yang diinginkan. Oleh karenanya, hal ini dapat disiasati dengan menggunakan stop loss untuk dapat mengurangi kerugian dengan menerapkan batasan harga. Tidak hanya itu pada transaksi jual beli dapat membatasi kerugian dengan Stop Loss Buy dan Sell.

Pada kondisi tertentu, pengamatan pada pasarlah yang penting untuk dilakukan, dimana tampilan grafik yang terus bergerak dapat menentukan langkah selanjutnya. Kenaikan dan penurunan harga pada aset tentu dipengaruhi oleh berbagai faktor, tidak hanya dari nilai kurs namun juga laju perekonomian.


Nah, jadi kesimpulannya swing trading adalah sebuah strategi yang diberlakukan para trader dalam memperoleh sejumlah keuntungan. Sebenarnya penggunaan trading ini sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan, sama halnya dengan strategi lainnya. Bagi yang sudah terbiasa dengan trading biasanya dapat dengan mudah menyesuaikan strategi apa yang akan dipakainya.

Posting Komentar untuk "Pengertian Swing Trading Adalah Begini, Simak Penjelasannya!"