Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Trade Off dan Apa Saja Istilah yang Perlu Dipahami dalam Trading?

Apa itu trade off? Dalam investasi maupun trading sering kali terdengar istilah trade off. Istilah ini sebetulnya adalah istilah yang paling dasar dalam trading dan wajib diketahui oleh setiap trader.
Bagi trader pemula sebaiknya memahami terlebih dahulu daftar istilah trading. Salah satunya yaitu trade off agar tak salah ambil keputusan.

Apa Itu Trade Off?

Apa itu trade off? Jika diartikan secara harfiah, trade off adalah kegiatan menjual aset yang dimiliki seseorang dengan tujuan untuk mendapatkan manfaat lainnya. Dalam perspektif ekonomi, setiap orang dianggap selalu melakukan berbagai cara bahkan mengorbankan aset atau barang yang dimiliki untuk mendapatkan barang baru.

Dalam kehidupan sehari-hari, contoh dari trade off yaitu ketika seseorang membeli sebuah barang, maka harus ada barang lainnya yang dikorbankan yaitu uang. Sementara itu, dalam dunia trading, trade off diartikan sebagai suatu keadaan dimana seorang trader menjual saham untuk menghindari potensi kerugian.

Pada umumnya, trade off dilakukan ketika harga aset sedang tidak stabil dan berpotensi anjlok. Maka, untuk menghindari kerugian aset tersebut harus segera dijual. Selain itu, trade off juga biasa dilakukan seorang trader dengan tujuan untuk menambah modal agar bisa membeli aset baru.

Daftar Istilah dalam Trading yang Wajib Diketahui

Bagi trader pemula wajib memahami daftar istilah dalam trading. Hal ini dikarenakan akan ada banyak istilah yang mungkin cukup asing bagi seorang pemula. Jika tidak memahaminya, maka trader bisa kebingungan dan salah langkah ketika harus mengambil keputusan. Berikut istilah trading yang wajib diketahui:

1. Margin

Margin adalah perkiraan deposit atau modal yang disiapkan untuk transaksi dalam trading. Ada 2 jenis margin yang perlu diketahui yaitu used margin dan free margin. Used margin merupakan besaran deposit untuk mempertahankan posisi trading. Sedangkan free margin merupakan modal trading untuk menahan pergerakan market dan membuka peluang posisi trading yang baru.

2. Lot

Plot adalah istilah yang menunjukkan jumlah dari pembelian aset saham. Jumlah pembelian aset saham minimal yaitu sebanyak 1 lot atau 1.000 lembar saham. Baik investasi maupun trading, pembelian saham paling sedikit adalah 1 lot. Jadi, dari harga yang ditampilkan sekuritas dikalikan 1.000 untuk melihat harga saham 1 lot.

3. Likuiditas

Likuiditas merupakan ukuran untuk melihat seberapa mudah suatu aset untuk ditransaksikan. Baik itu untuk membeli maupun menjualnya. Adapun aset dengan tingkat likuiditas paling tinggi yaitu saham dan obligasi. Dalam trading, likuiditas sangat penting khususnya bagi yang ingin trading dalam jangka dekat.

4. Cut Loss

Cut loss berarti membatasi kerugian dalam transaksi trading. Hanya trader yang sudah memiliki pengalaman lama dalam trading saja yang bisa melakukan cut loss. Hal ini dikarenakan untuk melakukan cut loss diperlukan analisis yang tepat.

5. Risk Management

Risk management adalah pendekatan dalam trading untuk mengelola ketidakpastian atau potensi kerugian. Untuk melakukan risk management juga diperlukan pengalaman serta kemampuan menganalisis momen yang tepat. Jika berhasil, trader yang menguasai pendekatan risk management bisa terhindar dari kerugian.

6. Take Profit

Istilah take profit dalam trading berarti batas keuntungan yang ditetapkan trader dalam periode waktu tertentu. Jadi, ketika posisi market telah mencapai batas tersebut maka aset akan menjadi likuid secara otomatis.


Demikian penjelasan mengenai apa itu trade off dan daftar istilah trading yang wajib dipahami, khususnya bagi trader pemula. Dalam trading memang ada banyak istilah asing yang bisa membuat trader kebingungan jika tidak memahaminya.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Trade Off dan Apa Saja Istilah yang Perlu Dipahami dalam Trading?"