Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Tips Belajar Dasar Trading Pemula yang Penting Bagi Trader

Trading memang tengah menjadi satu kegiatan ekonomi yang banyak diminati. Apalagi di masa pandemi yang membuat seseorang lebih banyak di rumah. Tentunya hal ini semakin meningkatkan seseorang untuk belajar trading. Hal inilah yang kemudian membuat belajar dasar trading pemula menjadi satu materi yang cukup banyak dicari.


Menjadi seorang trader memanglah sesuatu yang terdengar mudah dengan keuntungan besar. Namun, sebenarnya bergelut dalam dunia trading bukanlah hal yang semudah perkiraan orang. Lalu, apa saja sih yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang trader? Simak ulasannya berikut:

1. Memahami Dasar Trading

Memahami dasar dari trading adalah hal bijak untuk mulai belajar dasar trading pemula. Hal ini menjadi penting karena secara sadar seringkali trading pemula mengalami kegagalan karena mindset yang salah tentang trading.

Seorang trader haruslah terlebih dahulu memahami apa saja yang akan dilakukan dalam trading serta bagaimana cara melakukan trading dengan benar. Paling tidak dua hal ini menjadi satu patokan yang harus dipelajari dengan matang supaya tidak salah dalam mengambil langkah.



2. Memahami Resiko dalam Trading

Sama seperti halnya melakukan investasi, trading tentunya juga memiliki tingkat resiko. Memahami setiap tingkatan resiko ini akan menjadi penting bagi pemula supaya bisa mengantisipasi apa yang seharusnya dilakukan dalam trading.

Pada dasarnya resiko ini juga akan memiliki tingkatan yang berbeda. Hal ini tergantung dari trading yang akan digunakan. Misalkan saja seorang trader pemula memutuskan untuk melakukan trading forex. Tentunya tingkat resikonya akan lebih besar dibanding trading saham biasa karena modal yang digunakan juga akan lebih besar.



3. Mencari Informasi Tentang Broker Terpercaya

Broker juga menjadi satu poin penting yang harus diperhatikan bagi seorang trader baik pemula maupun profesional. Memilih broker yang kredibilitas tinggi tentu menjadi hal yang penting dalam berjalannya trading.

Trader pemula bisa mencari informasi pada trader senior yang telah lama berkecimpung dalam dunia trading. Bisa juga mencari informasi yang akurat melalui berbagai sumber di internet. Tentunya pastikan kredibilitas dari broker tersebut sebelum kemudian mendaftar dan melakukan trading.



4. Buat Akun Demo

Bagi seorang pemula yang baru pertama kali akan melakukan trading tentunya akan merasa kesulitan dalam beberapa tahap trading. Nah, untuk mengantisipasi hal ini sebenarnya kini telah banyak broker dengan kredibilitas tinggi menyediakan akun demo untuk pemula.

Melalui akun demo inilah nantinya seorang trader bisa mencoba terlebih dahulu cara dalam melakukan trader. Pada sebagian broker ternama juga telah memberikan panduan serta informasi trading yang dapat digunakan oleh trader pemula.



5. Mulai dengan Dana Kecil

Memulai trading dengan dana yang minimum juga menjadi salah satu cara belajar dasar trading pemula yang bisa dilakukan. Memilih saham trading yang tepat kemudian melakukan deposit dana minimum bisa mulai dilakukan dengan nominal relatif kecil.

Apabila pada masa trading, nantinya trader berhasil mendapatkan target trading awal maka barulah modal bisa ditingkatkan. Namun, tentunya dalam peningkatan modal ini tetap harus dalam tahapan yang tepat dan tetap memperhatikan kemungkinan resiko kedepan.



6. Pahami Tentang Psikologi dalam Trading

Melakukan trading dengan disiplin namun, juga memahami tentang apa itu psikologi trading juga penting dilakukan. Psikologi trading ini menjadi satu hal yang seringkali diabaikan oleh trader. Padahal memahami poin satu ini dan dapat menerapkannya dalam trading bisa membantu proses trading supaya mendapatkan target positif yang diharap.

Melalui pemahaman dan penerapan psikologi trading ini juga nantinya seorang trader bisa mengontrol emosi saat melakukan trading. Hal inilah nantinya yang akan mengontrol keserakahan atau bahkan penyesalan saat trading.


Nah, itulah tadi sekilas tentang belajar dasar trading pemula yang bisa membantu dalam melakukan trading dengan lebih berhati-hati dan meminimalisir terjadinya resiko. Tentunya dengan menerapkan strategi trading yang tepat pula supaya bisa mendapatkan hasil positif.


Posting Komentar untuk "Begini Tips Belajar Dasar Trading Pemula yang Penting Bagi Trader"