Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu MACD Golden Cross? Ini Penjabarannya

Seorang trader pasti sudah tidak asing dengan banyaknya indikator yang bisa dimanfaatkan. Namun bagi trader pemula, indikator-indikator yang ada haruslah dipahami sejak awal. Salah satu indikator yang harus dipahami adalah MACD dengan pola golden cross. MACD golden cross adalah salah satu yang kerap dimanfaatkan.


Untuk pemula, indikator ini penting untuk dipelajari. Terutama untuk pola golden cross, ada poin-poin penting yang juga harus ditelaah sebelum dimanfaatkan. Penasaran dengan rangkaian penjelasan arti dan apa saja yang penting? Berikut adalah pembahasan mengenai indikator dan pola ini secara menyeluruh:

Apa Itu MACD Golden Cross?

MACD atau yang biasa dinamai Moving Averages Convergence Divergence adalah sebuah indikator dalam trading yang bisa dimanfaatkan. Konsep indikator ini termasuk dalam analisis teknikal yang sudah lama sejak awal kemunculannya. Dalam pemanfaatannya sendiri, indikator ini memiliki beragam pola berbeda.

Salah satu pola unik yang biasa dipakai adalah golden cross. MACD golden cross adalah suatu pola yang bisa dilihat dengan mengidentifikasi lintasannya. Jika ditemui MA jangka panjang ada di bawah dan MA jangka pendek melintas di atasnya, maka ini disebut golden cross. Melalui penjelasan ini, bisa disimpulkan jika pola ini mudah diidentifikasi.

Dalam pemanfaatannya sendiri, golden cross memiliki tahapan yang berurutan. Tahapan ini pasti terjadi dalam golden cross. Memahami tahapan ini juga penting karena bisa dipakai untuk mengidentifikasi jika golden cross berjalan dengan baik. Berikut adalah beberapa tahapan yang akan terjadi:

  • Saat tren tengah menurun, maka akan ditemui pola tertentu. Pola tersebut adalah MA jangka panjang di atas MA jangka pendek.
  • Kemudian saat tren berbalik, maka MA jangka panjang akan terpotong oleh MA jangka pendek yang berjalan naik.
  • Tren bisa dikatakan bergerak naik secara stabil saat MA jangka panjang yang berada di bawah MA jangka pendek secara menyeluruh.


Poin Penting Saat Memakai Golden Cross

Jika ingin memakai indikator MACD dengan pola golden cross, maka pengguna juga harus memastikan beberapa poin pentingnya. Ada tiga poin yang harus diperhatikan dan dipastikan. Jika semua diperhatikan dengan baik, maka hasilnya juga akan menguntungkan. Inilah poin-poin yang harus diperhatikan dalam pemanfaatannya:

1. Volume Trading yang Tinggi

Volume trading yang tinggi sangatlah penting saat memakai pola indikator ini. Jika golden cross diikuti dan dibantu dengan kehadiran volume trading yang tinggi, maka hasil sinyal bullish juga akan kuat. Saat sinyal bullish semakin kuat, maka keuntungan juga akan mudah didapat oleh orang yang memakainya.

2. Pengaruh Besarnya Time Frame Chart

Timeframe chart juga memiliki pengaruh besar dalam penggunaan golden cross. Jika time frame chart semakin besar, maka efek sinyal golden cross juga akan semakin besar dan semakin tahan lama. Hal ini juga bisa disimpulkan sebagai salah satu poin penting tambahan. Artinya, pemanfaatan golden chart juga dipengaruhi oleh berbagai aspek.

3. Kombinasi dengan Indikator

Dalam pemanfaatan golden cross, kombinasi dengan indikator juga sangat diperlukan. Oscillator adalah tipe indikator yang paling pas dipakai bersamaan dengan golden cross. Dengan kombinasi ini, maka pengguna bisa melakukan pelacakan secara dekat untuk mendapatkan momen yang paling sesuai.


Itulah penjelasan mengenai MACD golden cross secara mendetail dan menyeluruh. Mulai dari pengertian, tahapan, hingga poin pentingnya sudah masuk dalam penjabaran. Bagi pemula, segala pembahasan ini bisa dipakai sebagai sumber acuan dan referensi rujukan untuk menambah pemahaman.


Posting Komentar untuk "Apa Itu MACD Golden Cross? Ini Penjabarannya"