Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Leverage Trading Adalah Instrumen yang Perlu Diketahui

Leverage trading adalah aspek yang sebenarnya juga penting diketahui dalam dunia trading. Tentunya bagi seorang trader pemula akan sangat penting memahami leverage dan fungsinya dalam trading.


Namun, leverage sendiri bisa dibilang merupakan satu aspek yang memang hanya ada dalam trading. Instrumen ini bahkan mungkin tidak akan ditemukan pada jenis investasi yang lain. Nah, lalu apa sih leverage itu dan apa fungsinya? Simak ulasannya berikut:

Sekilas Tentang Leverage

Sempat dibahas sebelumnya bahwa leverage trading adalah instrumen penting dalam dunia trading. Tentunya sebagai trader, memahami apa itu leverage juga akan menjadi pengetahuan yang penting supaya bisa menjalankan trading dengan lebih profesional.

Leverage sendiri bisa dibilang memiliki konsep yang hampir mirip dengan kredit di bank. Bedanya pada leverage sendiri, seorang trader akan memberikan uang muka atau margin sebagai modal awal. Nantinya trader akan mendapatkan pinjaman atas sisa trading yang diperlukan dari broker yang bersangkutan. Pinjaman inilah yang kemudian disebut sebagai leverage.

Pada pinjaman atau leverage trading ini pun nantinya trader juga bisa mendapatkan pinjaman yang cukup signifikan dari broker. Bahkan diklaim bahwa melalui leverage, seorang trader bisa memiliki keuntungan lebih besar.

Namun, tentu perlu diingat bahwa setiap akan selalu memiliki resiko. Hal ini tanpa terkecuali juga berlaku pada trader yang memilih metode leverage untuk trading. Kehilangan semua dana yang telah digunakan untuk trading adalah kerugian besar yang bisa didapatkan dari metode ini.



Keuntungan Leverage

Sama seperti yang sempat dibahas bahwa leverage bisa menjadi metode trading yang cukup menguntungkan bagi trader. Akan ada keuntungan bila metode ini berhasil dijalankan dengan tepat. Lalu, apa saja keuntungan dari menggunakan metode leverage? Simak ulasannya berikut:

1. Meminimalkan Modal Trading

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan dari menggunakan metode leverage adalah modal trading yang dapat diminimalkan. Melalui leverage ini nantinya trader hanya perlu membayarkan modal awal tanpa perlu membayarkan modal penuh untuk trading.

Tentunya apabila metode ini bisa dimanfaatkan dengan baik maka, trader akan mendapatkan keuntungan yang juga besar. Melalui hal ini nantinya perusahaan juga akan memperoleh ROI.

2. Memperoleh ekspansi Bisnis

Trader yang menggunakan metode ini kemungkinan besar bisa melakukan pertumbuhan bisnis yang lebih baik. Nantinya melalui pendanaan ini, trader bisa melakukan buyout atau bahkan melakukan akuisisi terhadap perusahaan lain.



Kekurangan Leverage

Tentunya selain memiliki kelebihan, leverage juga memiliki kekurangan yang harus diperhatikan oleh setiap trader khususnya bagi trader pemula. Nah, untuk mengetahui apa saja resiko yang bisa terjadi maka, mari simak 2 poin berikut ini:

  • Bisa menimbulkan kerugian besar

Memiliki strategi yang tepat dalam trading pada dasarnya memang sangat penting. Hal ini pun juga begitu penting bagi trader yang menggunakan metode leverage. Trader yang menggunakan leverage dalam jumlah besar maka, kemungkinan keuntungan juga bisa menjadi minimum.

  • Terjadinya over trading

Terjadinya over trading juga menjadi resiko lain yang bisa saja menyebabkan kerugian besar. Hal ini bisa terjadi karena terkadang seorang trader pemula belum memiliki manajemen trading yang baik.

Keinginan menggebu untuk mendapatkan keuntungan besar ini pada akhirnya akan membuat trader menggunakan leverage secara berlebihan. Inilah yang kemudian bisa menjadi kerugian besar bila leverage terlalu tinggi dan margin kecil.

Pada dasarnya leverage trading adalah satu metode yang cukup menguntungkan namun, disisi lain juga bisa menimbulkan kerugian besar. Hal ini tergantung dari bagaimana trader itu sendiri memanfaatkan metode dengan tepat.


Posting Komentar untuk "Leverage Trading Adalah Instrumen yang Perlu Diketahui"