Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Timbul Pertanyaan Exponential Moving Average Adalah? Begini Penjelasannya!

Secara sederhana Exponential Moving Average adalah salah satu jenis Moving Average yang pada aplikasinya menempatkan bobot lebih besar. Selain itu pada tingkat signifikansinya juga meletakkan titik data terbarunya. Keberadaan Exponential Moving Average ini diharapkan menjadi sebuah acuan dalam mengetahui indikasi pada pergerakan kurs.

Fungsi Exponential Moving Average

Setelah mengetahui bahwa Exponential Moving Average adalah sebagai upaya mengetahui nilai rata-rata pada suatu aset, maka pembahasan selanjutnya terkait fungsinya. Terdapat beberapa fungsi Exponential Moving Average yang memang bisa membantu para pebisnis melihat perkembangan investasi di pasar sebagai berikut:

1. Mengidentifikasi Tren Nilai Saham

Langkah pertama sebagai upaya seorang investor atau trader dalam melihat perkembangan tren saham yakni dengan metode Exponential Moving Average. Keberadaan metode ini dapat memberikan pengetahuan seorang investor atau trader bahwa di pasar sedang tren saham tertentu. Tentu saja ini akan sangat memudahkan dalam menjalankan bisnisnya.


Cara membaca metode Exponential Moving Average sangatlah mudah sekali bahwa investor atau trader tinggal melihat garis grafiknya. Semisal saja apabila keadaan harga di pasar turun, maka garis condong di bawah moving average. Namun apabila keberadaan garis di atasnya moving average, berarti sedang tren bullish atau harganya naik.

2. Mengetahui Kapan Terjadi Pembalikan Tren

Memang perlu fokus yang tinggi bagi para investor maupun trader dalam membaca grafik naik atau turunnya harga saham di pasaran. Tentu saja dengan menggunakan metode Exponential Moving Average, maka mengetahui kenaikan atau pelemahan bisa dengan mudah. Pada tahapan ini, para investor atau trader bisa menentukan kapan membeli atau menjual saham.

Setelah dapat mengetahui posisi kapan melakukan pembelian dan penjualan saham melalui metode ini, maka investasi bisa berjalan lancar. Tren-tren terbaru terkait dengan saham di pasaran bisa menjadi acuan investor dalam menjalankan aktivitas investasi. Melalui analisis menggunakan metode ini bisa memberikan gambaran bagaimana proses berinvestasi.

3. Menentukan Posisi Support dan Resistance

Menjadi seorang investor atau trader memang tidak mudah apabila tidak belajar dan mendapatkan banyak pengetahuan. Semisal saja menentukan Support dan Resistance yang kebanyakan para pemula tidak memahaminya. Hal tersebut sangat penting dipelajari dan diketahui karena menyangkut keberhasilan dalam berinvestasi.

Oleh karena itulah, sebagai sarana mempermudah dalam menentukan Support dan Resistance, maka Exponential Moving Average solusinya. Metode ini dapat memberikan informasi berupa garis pada grafik yang dapat memberikan gambaran terhadap posisi Support dan Resistance. Cara menggunakan metode satu ini sangatlah mudah yakni tinggal menggabungkan dua bentuk Moving Average.



Kekurangan Exponential Moving Average

Memang secara umum dapat dikatakan bahwa Exponential Moving Average merupakan indikator baik namun dibalik itu ada kekurangannya. Kekurangan tersebut dapat diketahui seperti halnya moving average yang dihitung berdasarkan data historis. Pada tahapan ini dapat menjadi kekurangan karena penyimpulan trend berdasarkan masa yang telah lalu.

Menggunakan metode ini dalam melihat tren saham sangatlah bagus, akan tetapi apabila itu berdasarkan historis, maka akan sedikit ketinggalan. Selain itu, penggunaan metode satu ini tidak memberikan pertimbangan terkait performa saham di masa mendatang. Tentu saja ini masih memberikan kebimbangan bagi yang menggunakan metode tersebut.

Kekurangan selanjutnya menggunakan metode ini terletak pada kompetitor baru, persediaan barang pada industri serta permintaannya. Dimana pada tahapan menggunakan metode satu ini hanya mempertimbangkan pada analisis fundamental saja. Namun sebagai investor maupun trader harus tetap fokus dalam melakukan analisis menggunakan metode tersebut


Itulah ulasan singkat terkait dengan Exponential Moving Average yang harus diketahui oleh para investor. Jadi secara sederhana Exponential Moving Average adalah metode dalam melakukan analisis perkembangan saham di pasaran.



Posting Komentar untuk "Timbul Pertanyaan Exponential Moving Average Adalah? Begini Penjelasannya!"