Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Money Management Trading, Penting untuk Trader Pemula!

Kini berinvestasi sudah bisa dilakukan oleh siapa pun, bahkan tak jarang anak milenial saat ini sudah mulai bermain saham. Namun terdapat hal yang perlu diketahui yaitu money management trading dalam melakukan investasi. Hal tersebut sangat penting agar seorang trader bisa terhindar dari yang namanya kerugian. Ingin tahu bagaimana penjelasan lengkapnya? Berikut ulasannya.

Apa Itu Money Management Trading?

Bagi yang baru saja memulai untuk bermain saham perlu untuk mengetahui dasar-dasar dalam trading salah satunya money management. Banyak sekali dari para trader pemula yang belum memahami dasar tersebut sehingga mengalami rugi ketika berinvestasi. Money management sendiri adalah sebuah strategi.


Strategi yang dimaksud adalah sebuah taktik yang dipakai untuk dapat mengelola dengan baik dana yang dimiliki. Kurangnya perhitungan dalam mengatur dana untuk membeli atau menjual saham pun menjadi kesalahan fatal. Kondisi seperti inilah yang perlu disadari, sehingga investor harus tahu dana yang dimilikinya akan digunakan untuk apa.



Pentingnya Memahami Money Management

Konsep dalam money management sangat dibutuhkan dengan pemahaman yang tepat sehingga tidak salah dalam mengambil langkah. Supaya bisa menjadi seorang trader atau investor yang berhasil maka konsep tersebut seharusnya bisa diterapkan. Berikut beberapa hal penting yang harus dipahami sebelum terjun dalam investasi yaitu:

1. Hindari Pembelian Saham di Satu Tempat

Hal pertama yang harus dipahami oleh seseorang yang akan memulai investasi yaitu hindarilah pembelian saham atau trading di satu tempat. Konsep ini penting, karena jika dana yang dikeluarkan hanya berkumpul pada tempat yang sama jika terjadi penurunan harga sangat berbahaya. Tidak ada lagi jaminan untuk para investor untuk bisa bertahan dalam kondisi tersebut.

Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk membeli secara merata atau membagi modal ke beberapa investasi lainnya. Jika terjadi penurunan harga, maka kerugian yang diterima pun dapat diminimalisir. Dana yang ada pun masih bisa diselamtakankan karena sudah tersebar di beberapa investasi.

2. Analisis Untung dan Rugi

Berikutnya hal yang harus diperhatikan dalam money management adalah untung dan rugi yang akan diperoleh. Loss atau kerugian dalam money management adalah hal yang harus diperhatikan untuk mencegah kerugian besar. Berbeda dengan untung atau reward yang mempunyai potensi untuk mendapatkan profit.

Analisis reward dan risk dapat dilakukan secara bersamaan sebagai langkah untuk menimbang apakah setara antara untung dan rugi. Jika tidak ada terlalu banyak kesenjangan, terlebih risk yang besar tentu hal tersebut bisa dihindari. Pada tahap inilah seorang investor bisa membeli saham di harga yang mendukung.

3. Menyusun Rencana Laporan

Penyusunan rencana laporan dapat dilakukan oleh seorang investor dengan melakukan pencatatan terkait kegiatan yang terjadi di bursa saham. Beberapa kegiatan seperti kapan transaksi berlangsung, metode hingga alasan sebuah transaksi terjadi. Hal ini bisa menjadi langkah untuk menganalisa pergerakan pasar.

4. Mempunyai Trading Plan

Trading Plan yang dilakukan oleh setiap investor biasanya beragam, tergantung dari tujuan finansialnya. Tak jarang juga seorang trader melakukan pembelian dan penjual trading sesuai kepribadiannya. Beberapa orang bisa saja nyaman dengan investasi panjang, atau pendek seperti trading day.

Keunggulan trading plan adalah yang paling baik dibandingkan dengan yang lainnya. Namun bukan berarti hal tersebut cocok untuk digunakan oleh semua trader. Terkadang ada beberapa strategi yang cocok dengan si A tapi tidak cocok dengan si B. Sebaiknya lakukan analisis dan pelajari terlebih dahulu sebelum menggunakan sebuah strategi.


Itulah penjelasan tentang money management trading dan hal penting yang harus dipahami. Baik untuk seorang pemula atau pun professional jangan sampai menyepelekan money management. Banyak hal penting di dalamnya yang bisa membuat seorang trader mendapatkan profit jika menerapkannya dengan baik.


Posting Komentar untuk "Mengenal Money Management Trading, Penting untuk Trader Pemula!"