Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Perbedaan Trading dan Investasi yang Wajib Diketahui

Investasi serta trading menjadi satu bidang ekonomi yang kini tengah banyak diminati oleh masyarakat khususnya anak muda. Namun, tidak sedikit yang masih menganggap bahwa investasi dan trading adalah hal yang sama. Padahal pada dasarnya perbedaan trading dan investasi bisa dibilang cukup signifikan.


Perbedaan ini bahkan dapat terlihat di beberapa aspek yang sebenarnya harus dimengerti oleh seorang trader maupun investor. Nah, lalu apa saja perbedaan tersebut? Simak ulasannya berikut:

1. Perbedaan Waktu

Perbedaan investasi serta trading yang cukup signifikan bisa dilihat pada perbedaan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target baik tading maupun investasi. Pada investasi biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Seseorang yang melakukan investasi pada dasarnya memang dipersiapkan untuk jangka panjang.

Hal ini tentu berbanding terbalik dengan trading yang cenderung menggunakan waktu lebih singkat. Bahkan trading sendiri juga menyediakan adanya day trading atau yang biasa dikenal dengan trading harian.


2. Perbedaan dalam Profit yang Didapatkan

Poin lain yang cukup signifikan dalam perbedaan trading dan investasi bisa dilihat pada pembagian profit yang akan didapatkan. Bagi seorang trader nantinya akan mendapatkan profit melalui trading yang dilakukan tanpa adanya imbalan lain dari broker.

Hal ini berbeda dengan sistem pembagian profit pada investasi yang memiliki pembagian pada beberapa bagian. Dividen, pemecah saham dan lain sebagainya adalah profit lain yang bisa didapatkan oleh investor selain dari profit utama.


3. Tujuan yang Berbeda

Tujuan juga menjadi poin lain yang dapat dilihat sebagai perbedaan yang cukup signifikan. Hal ini dapat dilihat dari tujuan investor dalam melakukan investasi. Seorang investor cenderung membeli saham untuk dipertahankan dalam jangka waktu tertentu supaya bisa mendapatkan profit.

Berbeda dengan trading yang cenderung dilakukan dalam jangka pendek untuk mendapatkan profit. Biasanya seorang trader akan membeli suatu saham kemudian menunggu waktu yang tepat sebelum kemudian menjualnya kembali.


4. Perbedaan pada Strategi

Strategi dalam melakukan trading serta investasi pada dasarnya juga memiliki beberapa faktor yang membedakan. Hal ini dapat dilihat melalui tujuan yang ditargetkan oleh seorang investor. Mendapatkan bunga majemuk serta dividen menjadi tujuan lain yang diharapkan oleh seorang investor.

Hal ini tentu berbeda dalam sistem trading yang tidak menyediakan adanya dividen sebagai pendapatan yang dibagikan. Strategi yang digunakan oleh trader akan bergantung pada penentuan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual saham dalam waktu singkat.


5. Perbedaan Mendasar pada Resiko

Perbedaan mendasar lainnya yang tidak terlalu tampak namun sebenarnya cukup signifikan adalah pada resiko dapat ditanggung oleh seorang trader maupun investor. Pada investasi, resiko yang mungkin akan didapatkan investor sebenarnya cenderung lebih minim.

Hal ini berbeda dengan resiko yang bisa saja ditanggung oleh seorang trader. Kemungkinan resiko lebih besar bisa saja menjadi masalah utama yang cukup signifikan bagi seorang trader bila salah dalam mengambil keputusan.


6. Keterlibatan yang Dibutuhkan

Hal terakhir yang cukup signifikan dalam perbedaan antara trading dan investasi adalah keterlibatan dari pelaku. Hal ini tentu dapat diketahui bahwa seorang investor bisa melakukan investasi kemudian dapat bersantai menunggu hasil dalam jangka waktu tertentu.

Tentu hal ini berbeda dengan trading yang cenderung mengharuskan seorang trader selalu stand by untuk memantau pergerakan dari harga saham. Hal inilah yang kemudian membuat trader lebih banyak menghabiskan waktu untuk memantau pergerakan saham.


Nah, itulah tadi perbedaan trading dan investasi yang sebenarnya terlihat cukup signifikan. Memahami perbedaan kedua hal tersebut tentulah menjadi hal penting sebelum kemudian memutuskan terjun kedalam salah satunya. 

Posting Komentar untuk "Ini Dia Perbedaan Trading dan Investasi yang Wajib Diketahui"