Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Strategi Trading Price Action untuk Para Trader

Dalam bidang trading, terdapat strategi yang cukup digemari di kalangan trader yaitu price action. Trading price action dapat digunakan oleh pemula maupun profesional karena sifatnya yang cukup sederhana untuk menganalisis pasar. Strategi ini telah diakui banyak trader akan kemampuannya yang akurat dalam memberi sinyal berpotensi positif. Mari mengenal lebih lanjut seputar strategi ini:

Apa Itu Trading Price Action?

Strategi price action termasuk jenis analisis modern dalam teknis trading, yakni dengan memantau pasar melalui pola candle di grafik. Disebut juga dengan “naked trading”, strategi ini tidak memerlukan indikator namun cukup melihat pola dari candlestick, harmonik, serta garis berupa support dan resistance.


Pada pasar terdapat data yang berbentuk grafik seputar pergerakan harga dari instrumen di waktu tertentu. Grafik akan menggambarkan tindakan dari pelaku pasar seperti manusia maupun program. Tiga hal tersebutlah yang disebut indikator analisa. Seluruh berita hingga peristiwa yang secara langsung berdampak ke pasar akan ditampilkan dalam grafik.


Tips untuk Melakukan Price Action

Sederhananya, dengan mengandalkan trading price action sudah dapat mengetahui fundamental yang terlihat dari grafik. Berikut ini beberapa tips yang dapat diterapkan untuk meningkatkan peluang profit:

1. Tidak Semata Berpatokan dengan Price Action

Sebelumnya perlu diingat bahwa price action bukanlah sistem yang berdiri sendirian. Strategi ini memang efektif, namun bukan berarti hanya berpatokan dengannya. Agar bisa mengetahui pergerakan harga secara efektif, trader juga harus mengkonfirmasi dari analisa yang lain. Contohnya saja teknikal serta fundamental.

Untuk membaca pola dari price action dengan lebih tepat, perlu waktu serta pengalaman yang terus diasah. Strategi ini sebenarnya mengacu dengan data dari pergerakan harga masa lalu melalui candlestick. Oleh karena itu melihat pergerakan harga saja tidak dapat menjamin profit, perlu kolaborasi dengan tindakan lainnya.

2. Analisa dengan Time Frame yang Besar

Lakukan analisis dengan pola candlestick melalui time frame yang relatif besar. Trik ini lebih dianjurkan karena umumnya lebih tenang dari segi pergerakan daripada time frame yang relatif kecil. Rekomendasi time frame paling tidak H4 atau lebih, sedangkan yang kecil kurang direkomendasikan sebab lebih berpotensi terkena sinyal palsu.

Agar bisa menentukan momentum dari entry, trader bisa memakai bantuan dari indikator teknikal. Contohnya saja RSI, MACD, ADX, dan sebagainya. Indikator ini berfungsi dalam mengkonfirmasi yang datang dari price action.

3. Melihat Riwayat

Trik trading price action berikutnya adalah melihat kembali riwayat sebelumnya. Memeriksa riwayat bisa membantu trader untuk memahami sinyal terkini. Trader perlu cermat dalam membaca chart terbaru. Hal ini penting untuk menyesuaikan pola dari pergerakan harga terhadap jenis order. Sebelum membeli, fokuskan dengan pergerakan uptrend. Sebaliknya jika hendak menjual, fokuskan pada downtrend yang sedang turun.

4. Berhati-hati Dalam Memahami Sinyal Breakout

Hati-hatilah saat mendapati sinyal breakout, karena umumnya hal ini terjadi saat ada penembusan harga pada level penting. Biasanya hal ini mengindikasikan akan terjadi sebuah pergerakan besar. Wajar jika breakout sering dimanfaatkan trader profesional dalam mencari momentum terbaik untuk entry.

Price action sendiri berhubungan dengan breakout karena menggambarkan kondisi psikologis pelaku pasar. Biasanya harga menguji level penting (misalnya zona support dan resistance) saat ada penembusan yang menandakan terjadinya breakout. Trader disarankan mencermati time frame besar, formasi price action, beserta konfirmasi untuk indikator teknikal.


Itulah pembahasan seputar trading price action yang termasuk strategi andalan para trader. Melalui pemahaman tentang strategi ini, trader diharapkan dapat lebih bijak dalam mengelola investasinya. Tidak hanya mengharapkan keuntungan cepat, namun yang terpenting adalah bijak memperhatikan pergerakan pasar demi hasil yang lebih aman.


Posting Komentar untuk "Mengenal Strategi Trading Price Action untuk Para Trader"