Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Daftar Buku Trading Terbaik yang Wajib Dimiliki Trader Pemula

Kesuksesan trader dipengaruhi oleh tiga hal, yakni Money, Method, and Mind. Dua faktor selain money, hanya dapat diperoleh dari banyaknya wawasan serta pengalaman. Bagi pemula, memperkaya informasi seputar trading bisa melalui buku-buku trading yang beredar di pasaran. Berikut ini rekomendasi buku trading terbaik yang ditulis oleh para trader berpengalaman:

1. Day Trading And Swing Trading The Currency Market Karya Kathy Lien

Daftar buku pertama ditulis oleh seorang analis mata uang terkemuka bernama Kathy Lien. Buku ini telah dicetak ulang dalam beberapa edisi karena sangat diminati pembaca. Selain bentuk cetak, buku bestseller ini juga bisa ditemui dalam bentuk digital.

Direktur pengelola BK Asset Management ini menulis bukunya dengan menggunakan pendekatan dua cabang. Gabungan teori serta pembelajaran memandu pembaca untuk lebih memahami tentang fundamental forex. Di dalamnya juga dibahas mengenai strategi perdagangan analisa teknis yang biasanya digunakan oleh profesional.



2. The Market Wizard Series Karya Jack Schwager

Nama Jack Schwager sudah tidak asing ditelinga pelaku trading. Penulis buku trading terbaik ini dikenal karena kepiawaiannya dalam membaca kondisi pasar dengan sangat baik. Kelihaiannya melihat dan memanfaat peluang tidak disimpan seorang diri. Kemampuan tersebut dituangkan dalam series buku yang hingga saat ini paling diburu trader pemula maupun profesional.

Jack melakukan wawancara dengan trader-trader sukses dunia, kemudian merangkumnya menjadi beberapa buku bertajuk serial The Market Wizards. Hasilnya diperoleh bahwa profit dalam dunia trading bukan semata-mata karena faktor keberuntungan. Keahlian yang menentukan seseorang bisa sukses dalam dunia trading tidak lain adalah pemahaman tentang psikologi watak manusia.



3. Candlestick Charting For Dummies Karya Russel Roads

Setiap trader pasti mendambakan pengakuan sebagai trader price action profesional. Kemampuan mumpuni secara otomatis akan diikuti besarnya profit/keuntungan. Namun bagi pemula, memahami candlestick bukanlah perkara mudah. Butuh pembelajaran mendalam agar dapat membaca pola-pola candle hingga menyimpulkan sebuah indikasi yang muncul.

Russel Roads hadir dengan bukunya yang berjudul Candlestick Charting For Dummies, untuk memudahkan pemula belajar segala hal tentang candlestick. Dalam bukunya, Russel menuliskan pembahasan tentang candlestick dengan bahasa yang mudah dipahami pemula. Sangat cocok sebagai sumber bacaan paling dasar bagi trader pemula sebelum terjun langsung untuk memulai trading.



4. Reading Price Charts Bar By Bar: The Technical Analysis Of Price Action For The Serious Trader Karya Al Brooks

Buku trading terbaik karangan Brooks sangat direkomendasikan bagi siapapun yang telah tamat membaca buku yang ditulis Russel Roads. Isi dalam buku ini membahas mengenai candlestick dengan lebih detail. Misalnya cara membaca indikasi candle dengan sumbu panjang atau body besar, dominasi pasar buyer atau seller, dan pengetahuan mendalam lainnya.

Dalam bukunya, Brooks membagikan tips cara memasang indikator MA dan trendline. Tools tersebut difungsikan untuk mengkonfirmasi pola candle yang terbentuk dalam chart. Cara tersebut diharapkan bisa mempermudah trader, khususnya pemula dalam membaca peluang. Sehingga dapat menentukan keputusan yang tepat untuk entry.



5. Methods Of A Wall Street Master Karya Trader Vic

Seorang trader komoditas dunia bernama Victor Sperandeo membuat sebuah buku trading berdasarkan pengalaman-pengalaman pribadinya. Trader Vic - sapaan akrabnya, selain berprofesi sebagai trader profesional ternyata juga seorang presiden dari Alpha Financial Technologies. Selain itu, Victor juga telah diakui sebagai penulis buku trading yang banyak diminati pasar.

Buku ini sangat cocok untuk trader pemula karena menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Berfokus pada pembahasan seputar sisi fundamental yang mempengaruhi naik turunnya harga. Serta tips untuk mempelajari sentiment para pelaku pasar.


Demikian 5 daftar rekomendasi buku trading terbaik yang cocok untuk bekal dasar bagi trader pemula. Buku-buku di atas memang kebanyakan ditulis oleh penulis luar negeri, namun saat telah banyak dialihbahasakan oleh trader Indonesia. Untuk mendapatkan buku tersebut, bisa dibeli di toko buku terdekat ataupun melalui platform toko online.



Posting Komentar untuk "5 Daftar Buku Trading Terbaik yang Wajib Dimiliki Trader Pemula"