Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Simpan Pinjam Mekar Serta Syarat Pengajuannya Sekarang!

Untuk mendapatkan sejumlah pinjaman dana, kini para pengguna bisa memanfaatkan simpan pinjam Mekar sebagai solusinya. Pasalnya Mekar didirikan dengan tujuan untuk membantu pengusaha UMKM, sehingga bisa mendapatkan dana usaha. Simak berikut ini penjelasan lengkapnya yaitu:


Mengenal Simpan Pinjam Mekar

Mempunyai tujuan untuk memberikan kemudahan pada pengusaha UMKM membuat simpan pinjam Mekar berdampak positif. Terlebih lagi cara yang diberlakukan dalam menghubungkan lender dengan usaha kecil. Membuat simpan pinjam yang satu ini banyak bekerja dan bermitra dengan berbagai institusi.


Simpan pinjam ini juga telah mendapatkan izin dari otoritas jasa keuangan yang disahkan dengan SK di tahun 2019. Kegiatan yang dijalankan pun diawasi dengan ketat dan telah diatur dalam peraturan tertulis. Memungkinkan para pengguna dapat memeriksa melalui teknologi informasi terkini.

Menjangkau ke seluruh wilayah yang ada di Indonesia, membuat Mekar banyak bekerja sama dengan berbagai koperasi. Bukan hanya itu, BPR serta lembaga keuangan lainnya pun sudah termasuk di dalamnya. Jadi tidak heran jika jangkauan total kantor cabangnya mencapai 300 lebih.


Syarat Simpan Pinjam Mekar

Bagi yang menginginkan bantuan modal atau pun dana usaha, tentu bisa mendapatkannya melalui pinjaman Mekar. Namun terdapat beberapa syarat pastinya yang harus dilengkapi sebelum mengajukan pinjaman. Berikut syarat syarat yang wajib untuk dilengkapi yaitu:

1. Memiliki Simpanan Pokok dan Wajib 1/5 Batas Maksimal Pinjaman

Syarat pertama yang harus diketahui yaitu simpanan pokok yang ditambah dengan simpanan wajib. Jumlah dari simpanan wajib tersebut tentu diberikan 1/5 dari batas maksimal jumlah pinjaman. Mengharuskan setiap pengguna untuk mempunyai simpanan pokok.

2. Fotokopi Rekening Bank Payroll

Selanjutnya yang menjadi syarat simpan pinjam yaitu harus mempunyai fotokopi rekening. Fotokopi rekening dapat diserahkan sebanyak 1 lembar kepada pihak Mekar. Adanya fotokopi tersebut membuktikan bahwa pengguna memang termasuk ke dalam anggota koperasi.

3. Fotokopi identitas Diri

Hampir serupa dengan syarat pinjaman lainnya, Mekar juga menjadikan fotokopi identitas diri atau KTP sebagai syarat. Hal itu diberlakukan untuk melihat kesesuaian data diri yang diberikan. Pasalnya banyak saat ini data yang tidak sesuai diberikan oleh para pemohon.

Memungkinkan pemalsuan data atau pun resiko yang tidak diinginkan bisa dicegah. Untuk fotokopi KTP sendiri, pemohon dapat melampirkannya sebanyak 2 lembar kepada pihak Mekar. Selanjutnya pemohon dapat melengkapi syarat selanjutnya.

4. Slip Gaji Terakhir

Slip gaji merupakan salah satu syarat yang tidak boleh sampai terlewatkan oleh para pemohon. Pasalnya slip gaji menjadi bukti tertulis yang menandakan seseorang memang memiliki penghasilan. Hal tersebut juga menjadi pertimbangan bagi pihak Mekar untuk mengeluarkan dana pemohon.

Bentuk slip gaji yang diberikan dapat dilampirkan dengan memberikan slip aslinya. Pastikan untuk memberikan slip gaji terakhir yang dikeluarkan oleh lembaga atau instansi tempat bekerja. Untuk berjaga jaga, pemohon dapat memfotokopi slip gaji untuk dijadikan arsip.

5. BPKB/Sertifikat Berharga

Syarat terakhir yang harus dilengkapi oleh setiap pemohon yaitu memberikan BPKB kepada pihak Mekar. Pemberian BPKB tersebut adalah salah satu bukti adanya pemberian jaminan yang diberikan oleh pemohon. Oleh sebab itu penting untuk melampirkannya.

Jika pemohon tidak mempunyai BPKB, pemohon dapat melampirkan sertifikat berharga lainnya. Sertifikat tersebut dapat berbentuk sertifikat tanah maupun rumah. Jika tidak mempunyai salah satu di antaranya maka, akan sulit untuk mendapatkan dana.


Itulah penjelasan terkait simpan pinjam Mekar beserta syarat di dalamnya. Pemohon dapat melakukan simpan pinjam dengan beberapa ketentuan yang pastinya tertuang dalam peraturan Mekar. Oleh sebab itu, sebelum melakukan simpan pinjam ada baiknya untuk membaca setiap ketentuan yang ada.



Posting Komentar untuk "Kenali Simpan Pinjam Mekar Serta Syarat Pengajuannya Sekarang!"