Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Litecoin? Ini Dia Penjelasannya!

Secara umumnya, Litecoin merupakan salah satu jenis mata uang crypto yang nilainya cukup unik dan masih bertahan di pasar sampai saat ini. Litecoin juga merupakan nama yang sudah tidak asing lagi di dalam dunia cryptocurrency. Litecoin adalah salah satu jenis mata uang virtual crypto atau jenis cryptocurrency dibawah lisensi MIT/X11. 

Bisa dibilang bahwa Litecoin ini merupakan hasil variasi dari Bitcoin yang sudah ada terlebih dahulu. Pada dasarnya, Litecoin adalah suatu platform blockchain yang bersifat open source atau terbuka dan juga terdesentralisasi atau tidak mempunyai otoritas pusat. Seperti Bitcoin dan mata uang crypto yang lainnya, Litecoin merupakan cryptocurrency yang bisa kalian gunakan sebagai opsi investasi.

Di lain sisi, Litecoin juga bisa dimanfaatkan da;am pembayaran tanpa membutuhkan pihak ketiga, yang disebut dengan sistem peer to peer (antar pengguna). Perlu kalian ketahui juga, Litecoin atau disingkatnya LTC bukanlah hasil ciptaan pemerintah yang secara historis merupakan salah satu lembaga yang dipercayai oleh masyarakat dalam mengeluarkan uang. 


Cara mendapatkan Litecoin yaitu lewat prosedur menambang atau mining. Pada tanggal 17 Agustus 2022, nilai Litecoin adalah sekitar 907 ribu per koin. Litecoin ini diluncurkan pada tahun 2011. Pencipta dari Litecoin adalah Charlie Lee yang merupakan alumnus Massachusetts Institute of Technology (MIT). Charlie Lee pada saat itu adalah seorang karyawan Google yang akhirnya membuat Litecoin.

Charlie Lee akhirnya mengundurkan diri dari Google dan memilih untuk bekerja di Coinbase di tahun 2013. Coinbase merupakan pasar pertukaran mata uang cryoti di seluruh dunia. Akan tetapi, saat ini Charlie Lee dikabarkan sudah meninggalkan pasar itu dan memfokuskan sepenuhnya pada Litecoin. 

Maksud Charlie Lee menciptakan Litecoin adalah sebagai pengembangan versi Bitcoin yang membuat salah satu yang lebih cepat dan juga murah. Keberhasilan itu, berhasil dicapai sampai menjadikan Litecoin cukup terkenal di pasar crypto dari saat pertama kali diterbitkan. Dua tahun kemudian, penerbitannya di tahun 2013, market cap Litecoin yaitu sebesar $1 miliar. 

Tidak hanya itu saja, di bulan April 2018 Litecoin ialah kapitalisasi pasar yang terbesar diperingkat ke 6 diantara 1.600 jenis crypto yang lainnya yang sudah tercatat pada saat itu. Litecoin ini mempunyai valuasi pasar sebesar $8 miliar yang dimana nilai Litecoin pada saat itu rata-rata bernilai kasar $146 per tokennya.

Litecoin mempunyai sistem kerja yang sama saja dengan mata uang konvensional, yang dimana kalian bisa menyimpannya ke dalam rekening, melakukan transfer, dan juga transaksi jual beli, tetapi secara daring/online. Di setiap 2.5 menit, platform Lotecoin akan menghasilkansuatu blok, yaitu entri buku besar dari semua transaksi LTC yang terbaru di seluruh dunia, dari sinilah harga Litecoin itu berasal.

Blok ini disetujui oleh perangkat lunak untuk melakukan mining dan bisa dilihat siapa saja yang mau melihatnya. Setelah seorang penambang sudah verifikasi, blok setelahnya yaitu memasuki list atau entri, yaitu catatan dari setiap pembayaran Litecoin yang pernah dibikin. Pertaturannya juga memakai mekanisme konsensus yang berbeda atau disebut juga dengan scrypt. 

Kalian juga bisa melihat selalu nilai Litecoin ke rupiah pada hari ini secara real time. Dan perlu kalian ketahui pula, Litecoin merupakan salah satu jenis mata uang cryptocurrency yang kini pertumbuhannya terus melonjak di pasar crypto. Jika kalian tertarik, yuk mulai berinvestasi crypto sekarang juga! 

Posting Komentar untuk "Apa itu Litecoin? Ini Dia Penjelasannya!"