Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Keunggulan Dari Polkadot

Cryptocurrency dan blockchain ialah 2 hal yang kini semakin berkembang dengan pesat di zaman yang sudah canggih ini. Salah satu yang dianggap mampu jadi bagian dari masa depan jenis mata uang crypto ialah Polkadot atau DOT.

Sama halnya seperti Cardano (ADA), Polkadot juga sudah termasuk ke dalam salah satu jenis mata uang crypto yang berkembang dengan pesat, sudah terpantau mulai dari tahun 2020.

Bahkan, Polkadot sudah masuk ke dalam peringkat 10 mata uang crypto terbaik pada saat ini. Polkadot datang sebagai alternatif yang belum begitu mahal tetapi prospeknya bagus.

Polkadot memberitahukan dirinya sebagai protokol blockchain mutakhir yang bisa menghubungkan beberapa macam blockchain menjadi 1 jaringan atau network yang terhubung. 


Hal itu disebut juga dengan multi-chain network. Platform ini beda dengan Bitcoin yang berjalan sendiri. Teknologi ini diciptakan oleh Gavin Wood yang bertugas dalam pembuatan Ethereum sebagai co founder nya.

Maksud dari dibuatnya koin Polkadot ialah untuk membuat framework untuk semua blockchain supaya mampu berinteraksi satu sama lain dengan mudah. 

Sementara itu, langkah mining cryptocurrency mampu lebih teratur dan juga murah. Pada Mei 2021, marketcap Polkadot sudah dicatat sebanyak 32 miliar dolar AS oleh Coin Market Cap. Jika dibandingkan di awal tahun, market cap Polkadot telah melonjak paling tidak 3 kali lipat. 

Dan kini, kalian mampu membeli 1 koin Polkadot atau DOT dengan nilai sekitar RP 530.000. Berikut ini adalah kelebihan Polkadot yang perlu kalian ketahui sebelum berinvestasi di Polkadot.


Kelebihan Polkadot

Tidak heran jika koin Polkadot mengalami perkembangan yang cukup pesat. Pasalnya, ada banyak kelebihan dari Polkadot ini, yaitu sebagai berikut :

1. Skala yang lebih besar

Blockchain biasa hanya mampu melangkah jumlah traffic yang masih terbatas karena berjalan sendiri. Namun, koin Polkadot bisa melakukan pembayaran lebih banyak karena sistem multi chain network yang dibuatnya. Sistem multi chain ini memotong bottleneck atau kemacetan yang sering ada di blockchain lainnya. 

2. Desain spesifik

Pembuat blockchain selama ini mencoba untuk mampu melaksanakan fitur atau use case yang bermacam-macam. Namun, koin Polkadot merupakan blockchain yang mempunyai desain baru untuk mengoptimalkan use case spesifik.

Koin Polkadot ini membuat layanan blockchain menjadi lebih efisien tanpa token yang tidak dibutuhkan. Developer juga mampu membuat blockchain menjadi lebih cepat dan juga efisien. 

3. Bebas diatur

Kebebasan untuk semua orang yang bergabung di dalam koin Polkadot merupakan salah satu keunggulan koin Polkadot yang mampu dirasakan yang diberikan oleh sistemnya. Sistem blockchain ini bisa mengoptimalkan dan diatur sesuai dengan kebutuhan kalian.

4. Upgrade mudah

Blockchain juga memerlukan pembaharuan dari waktu ke waktu supaya sistemnya tetap bisa berjalan dengan optimal. Langkah pembaharuan yang dikenal juga dengan hard fork ini pun cukup rumit dan memerlukan waktu yang cukup lama.

Namun, dengan koin Polkadot, pembaharuan dengan fork tidak lagi diperlukan. Blockchain mampu di perbaharui langsung tanpa proses yang sulit. 

5. Spesialisasi

Pada tiap parachain didalam koin Polkadot bisa disesuaikan melalui aplikasi tertentu atau proses penggunaannya.

6. Interoperabilitas

Di sistem Polkadot, beberapa parachain dan aplikasinya mampu memberikan informasi dan fungsionalitaas yang maksimal karena desain idenya mampu dijalankan dan kompatibilitas antar blockchain. 

7. Skalabilitas 

Sistem Polkadot mendukung blockchain dengan jumlah yang besar dengan langkah-langkah yang dikenal dengan "sharding" atau juga parachain. Maka, pembayaran bisa beroperasi dengan efisien dan paralel.  

Posting Komentar untuk "Ini Dia Keunggulan Dari Polkadot"