Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Lengkap Polkadot Coin!

Koin Polkadot merupakan platform yang dibuat sebagai penghubung satu platform blockchain dengan yang lainnya atau yang disebut juga dengan jaringan multi-rantai, karena bisa menghubungkan platform secara bersamaan, tidak sama seperti Bitcoin yang berjalan mandiri. Koin Polkadot adalah blockchain yang mampu menjadi pusat terdesentralisasi dari berbagai jenis blockchain. Anologinya seperti HTML yang meyakinkan browser, situs, dan server terikat satu sama lain.

Koin polkadot dioperasikan oleh Parity Technologies dibawah kepemimpinan Jutta Steiner dan Gavin Wood dan 2 mantan eksekutif Ethereum atau ETH. Pertumbuhan proyek ini juga menghasilkan dukungan oleh Web3 Foundation, yakni sebuah organisasi yang menyediakan biaya, penelitian, advokasi dan juga kolaborasi. 


Awalnya, Pritiy dibangun di tahun 2015 dengan proyek pekerjaan perangkat lunak node bagi Ethereum, yang juga disebut dengan Parity Ethereum. Lalu, secara perlahan perusahaan memberhentikan proyek itu dan memfokuskan kepada Polkadot. Pada November 2017, pertumbuhan Polkadot diawali dengan mengeluarkan kode pertama Github. 

Perusahaan lalu mengeluarkan 2 bukti ide tepat dalam pertengahan tahun 2018 dan meluncurkan para chain pertamanya di bulan Juli 2018. Sampai di bulan Mei 2020 Polkadot dapat diluncurkan dengan kondisi "initial" dna transfer koinnya diaktifkan mulai Agustus 2020. 

Cara Kerja Koin Polkadot

Para chain yang bisa ditambah dan dihilangkan bisa menolong Polkadot dalam bekerja dengan paralel dan terhubung pula dengan blockchain. Hal ini, para chain bisa berwujud blockchain publik, pribadi atau sumber yang lainnya. Sistem data dalam para chain bisa diakses dengan node khusus, yang disebut dengan collators, lalu dikirim ke Polkadot. Langkah ini hampir memiliki kesamaan dengan cara kerja oracle yang terdesentralisasi. 

Aktivasi para chain mempertaruhkan koin DOT, lalu dihilangkan dari Polkadot berbarengan dengan melepas koin itu. Relay chain, yakni rantai utama Polkadot juga mendukung kontrak pintar. Langkah ini pun dijamin oleh Delegated Proof of Stake (DPoS) atau dalam konteks koin Polkadot disebut pula dengan Nominated Proof of Stake (NPoS).

Platform ini terjadi dari validator dan nominator. Yang dimana, nominator memakai koinnya untuk menentukan validator untuk memvalidasi blok baru pada waktunya. Maka validator sampai melaksanakan pelanggaran, jadi akan dikena sanksi bersama dengan validator. Para chain mampu mendukung beberapa fasilitas yang ada di blockchain, melingkupi UTXO transaction atau Bitcoin. Kontrak Pintar (Ethereum) dan ZK-snarks (Zcash). Akan tetapi, fasilitas ini tak fundamental di koin Polkadot sampai bisa ditambah atau dihapus. 


Infrastruktur Polkadot

Dalam koin polkadot, para chain hanya satu dari berbagai komponen pembentuk platformnya. Beberapa unsur lain dalam koin Polkadot yaitu sebagai berikut :

  • Relay Chain, adalah perantara para chain dan sisi inti dari Polkadot atau sebagai pusat komunikasi.
  • Parachain, yakni sejenis blockchain mandiri yang juga terhubung diatas rantai rela dan terikat dan dipesan lewat lelang.
  • Parathreads, yakni untuk mengganti agar lebih mudah untuk para chain untuk para pengguna yang hanya ingin mencoba Polkadot, sampai ditawarkan dengan sistem "bayar sesuai dengan pemakai."
  • Bridges, yakni kontrak yang terikat dengan blockchain yang lain, seperti Bitcoin dan Ethereum. 

Selain beberapa unsur diatas, ada pula pihak dalam palatform Polkadot yang mendukung blockchain untuk tetap melangkah, diantaranya ialah :

  • Validator, ialah pihak yang memiliki tugas mengunci koin DOT dan melaksanakan validasi bukti dari collactor dan berpatisipasi dalam conseus. 
  • Nominator, juga mengunci koin DOT dan mengamankan relay chain dan menentukan validator yang memungkinkan.
  • Collactor, perannya mengumpulkan pembayaran dan menyusun bukti untuk validator.
  • Fisherman, melaksanakan pemantauan platform dan memberi laporan bisa indikasi kegiatan yang berbahaya.  

Posting Komentar untuk "Penjelasan Lengkap Polkadot Coin!"