Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Belajar Investasi untuk Pemula dari Dasar

Investasi adalah suatu komponen kegiatan yang saat ini mulai diminati banyak kalangan. Dengan melakukan investasi, maka keuntungan bisa didapatkan asal menerapkan langkah-langkah yang tepat. Bagi pemula, tentu ada trik tersendiri yang harus dipakai. Belajar investasi untuk pemula tentunya bisa dilakukan dari dasar hingga ke arah yang mendetail.


Untuk melakukan hal ini, maka harus tahu dulu apa saja tips yang diperlukan untuk pemula. Setiap komponen bahasan yang akan dijelaskan di bawah ini tentunya harus dipahami dengan baik. Hal ini penting agar proses investasi bisa memberikan hasil yang tidak mengecewakan. Simak beberapa tips di bawah ini beserta penjabarannya:

1. Tentukan Tujuan Investasi

Sebagai langkah paling dasar, investor pemula harus menentukan tujuan investasi yang akan dilakukan. Tentunya, tujuan ini akan lebih baik jika ditentukan dalam jangka panjang. Dengan demikian, proses perhitungannya juga bisa menyeluruh. Misal untuk biaya pendidikan, dana pensiun, pembelian rumah, dan beberapa tujuan lainnya.

Dengan menentukan tujuan di awal, maka tiap investor juga bisa menentukan target yang ingin dicapai. Hal ini penting untuk dilakukan agar investor juga bisa tahu sampai sejauh mana harus melakukan investasi dan kapan dana akan terkumpul. Maka dari itu, pastikan untuk menentukan komponen tujuan ini secara jelas sejak awal.


2. Tambah Wawasan Tentang Investasi

Setelah menentukan tujuan investasi, tips lain yang harus dilakukan adalah menambah wawasan tentang investasi. Komponen ini tentunya juga sangat penting untuk dilakukan. Ada banyak sumber yang bisa dipakai untuk mendapat tambahan ilmu investasi. Bisa dengan membaca buku, mengikuti training investasi, atau juga bisa bertanya pada orang berpengalaman langsung.

Bahkan, saat ini sudah ada banyak video di YouTube yang membahas mengenai investasi ini. Jadi, sangat mudah untuk menemukan tambahan ilmu. Namun perlu diperhatikan juga keaslian materi yang diberikan. Jangan sampai mengikuti penjelasan yang salah sehingga proses investasi yang dilakukan bisa memberi kerugian.


3. Pilih Aset untuk Investasi

Tips belajar investasi untuk pemula selanjutnya adalah dengan memilih aset investasi. Saat ini, pilihan jenis aset investasi sangatlah beragam. Mulai dari saham, reksadana, obligasi, emas, bahkan aset properti. Semua ini tentunya memiliki komponen pembeda dari segala aspek komponen dan detail yang ada di dalamnya.

Oleh sebab itu, pastikan untuk mempelajarinya satu per satu untuk menemukan yang paling sesuai. Pastikan juga berapa alokasi dana yang akan dimasukkan dalam aset tersebut. Dengan penentuan di awal, maka proses perhitungan simulasi keuntungan juga bisa dilakukan. Hal ini sangatlah penting untuk investor pemula.


4. Pilih Media Bantuan yang Diawasi OJK

Jika ingin masuk ke investasi pasar modal dan ingin memakai media untuk proses transaksinya, amak pemilihannya juga harus tepat. Saat ini, sudah ada banyak aplikasi untuk investasi yang bisa dipakai semua kalangan. Namun tidak semua aplikasi yang ada memiliki komponen fitur yang lengkap dan legal untuk digunakan.

Maka dari itu, sebagai investor pemula harus selektif untuk memilih yang paling aman. Pastikan untuk memakai aplikasi atau media yang sudah diawasi oleh OJK secara menyeluruh. Dengan demikian, penggunaan aplikasinya bisa aman dan investor pemula bisa terhindar dari penipuan yang marak terjadi.


5. Konsisten dalam Berinvestasi

Terakhir, pastikan untuk konsisten dalam berinvestasi. Masukkan dana secara rutin untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Jika proses investasi dilakukan dengan tidak konsisten, maka kemalasan akan muncul dan dana yang ada akan berhenti di nominal tersebut. Maka dari itu, pastikan untuk melakukan investasi secara rutin atau konsisten.


Itulah beberapa tips belajar investasi untuk pemula yang bisa dimanfaatkan. Semua komponen tips di atas tentunya bisa mengarahkan investor pemula untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Asal dilakukan secara berkala dan sistematis, maka komponen keuntungan juga akan bertambah dengan risiko kegagalan yang minim.

Posting Komentar untuk "Tips Belajar Investasi untuk Pemula dari Dasar"