Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Investasi Untuk Pemula yang Aman dan Menguntungkan

Ada beberapa cara dalam mencapai tujuan finansial pada masa depan selain menabung, yaitu berinvestasi. Namun, banyak orang masih ragu berinvestasi karena kerap dinilai sulit, beresiko, dan membutuhkan modal besar. Padahal, ada beberapa jenis investasi untuk pemula yang cocok dengan profil risiko yang dimiliki.


Misalnya, mulai dari reksadana, logam mulia, deposito, Surat Berharga Negara (SBN), dan saham. Semua instrumen investasi tersebut mempunyai kelemahan dan keunggulan masing-masing , namun termasuk pilihan tepat bagi investor pemula. Jika ingin tahu lebih dalam soal jenis investasi untuk pemula, di bawah ini adalah ulasannya:

1. Reksadana

Ini adalah instrumen investasi yang cocok bagi pemula karena bisa dilakukan dengan minim pengetahuan sekalipun. Pasalnya, reksadana merupakan penghimpun dana yang dikelola oleh manajer investasi dari para investor dalam portofolio efek. Dengan begitu, yang mengelola dana yang diinvestasikan adalah manajer investasi.

Ada beragam jenis reksadana, mulai dari pasar uang, hingga reksadana campuran. Dengan begitu, investor pemula bisa memilih salah satunya sesuai dengan profil risiko yang dimiliki. Selain kemudahannya, modal awal untuk berinvestasi dimulai dari Rp100.000 saja.


2. Emas

Sebelum investasi menjamur seperti sekarang, emas adalah jenis investasi yang paling banyak dipilih oleh berbagai kalangan. Pasalnya, harga emas cenderung stabil dan tahan terhadap inflasi. Kemudian, emas juga bersifat likuid sehingga mudah untuk diperjualbelikan. Harga emas per gramnya memang cukup tinggi, namun kini para investor bisa menabung emas.

Dengan begitu, investor pemula bisa berinvestasi emas dengan harga yang sangat terjangkau. Jika sudah mencapai tujuan dari berinvestasi, investor bisa mencairkan emas digital tersebut menjadi emas fisik.


3. Deposito

Jenis investasi untuk pemula yang bersifat berjangka yakni deposito. Pasalnya, instrumen investasi ini hanya bisa diambil keuntungannya dalam jangka waktu tertentu. Meskipun investor tidak bisa mencairkannya sewaktu-waktu, namun deposito termasuk investasi yang minim resiko dan aman.

Pasalnya, investasi ini dijamin oleh LPS dan jika bank tempat menyimpan deposito bangkrut, investor tetap mendapat dana deposito utuh. Keuntungan dari deposito sangat beragam, tergantung kebijakan masing-masing bank. Namun, kisaran bunga yang didapat mulai dari 5% hingga 85, lebih tinggi dibandingkan menabung.


4. Surat Berharga Negara

Bagi investor pemula, instrumen investasi ini adalah pilihan yang bagus. Pasalnya, keamanannya terjamin oleh pemerintah. SBN dikeluarkan dengan tujuan untuk memberi kesempatan pada masyarakat umum yang ingin berpartisipasi dalam pembiayaan pembangunan negara. Mudahnya, sejumlah dana dipinjamkan oleh investor pada pemerintah dalam waktu tertentu.

Jika sudah jatuh tempo, dana tersebut akan dikembalikan pemerintah. Bunga juga akan diterima oleh investor setiap bulannya. Berdasarkan imbal hasil, ada 2 jenis SBN, yakni konvensional dan syariah. Jenis konvensional terbagi menjadi Saving Bond Ritel serta Obligasi Negara Ritel Indonesia. Sedangkan syariah dibagi menjadi Sukuk Tabungan dan Sukuk Ritel Indonesia.


5. Saham

Ini adalah jenis investasi yang tengah marak dipilih kaum muda karena keuntungannya besar dibanding lainnya. Walaupun begitu, investasi saham memiliki resiko yang tinggi karena fluktuasi pasar saham terjadi setiap hari. Dengan begitu, akan berdampak pada imbal hasil dari saham yang dimiliki.

Oleh karena itu, jika ingin terjun ke investasi ini, sebaiknya kenali saham terlebih dahulu. Bagi investor pemula, pilihlah saham blue chip karena fundamentalnya bagus. Oleh karena itu, hindari saham gorengan karena meskipun harganya murah, likuiditasnya rendah.


Jadi, ada beberapa jenis investasi untuk pemula yang bisa dengan mudah diaplikasikan. Pilihlah salah satu jenis investasi tersebut yang cocok dengan profil risiko maupun modal yang dimiliki. Kemudian, penting untuk menambah wawasan dalam berinvestasi agar mahir mengolah investasi dan bisa memberikan lebih banyak keuntungan.

Posting Komentar untuk "5 Jenis Investasi Untuk Pemula yang Aman dan Menguntungkan"