Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Indikator Moving Average yang Perlu Diketahui!

Sadarkah, jika saat ini perkembangan teknologi sudah semakin mutakhir? Hingga membuat trading dan saham saat ini tidak lagi membutuhkan banyak waktu. Dalam melakukan analisa saham terdapat indikator Moving Average yang sering digunakan. 

Hal ini membuatnya menjadi indikator terfavorit, namun masih banyak dari sebagian orang yang belum mengetahuinya, berikut penjelasan lebih lanjutnya.


Pengertian Moving Average

Pertanyaan terkait indikator Moving Average sering ditanyakan oleh sebagian orang yang baru menggeluti dunia saham. Tidak banyak para trader atau para investor pemula yang benar-benar paham. Merupakan suatu indikator yang dimanfaatkan untuk memfilter kebisingan yang terjadi dari fluktuasi harga dalam jangka pendek dan acak.

Hadirnya teknologi saat ini memungkinkan para trader tidak perlu bersusah payah untuk menggambarkan grafik secara manual. Seluruh data terkait grafik dapat dengan mudah diakses melalui smartphone yang terhubung dalam jaringan. 

Ingin mendapatkan hasil terbaik? Jangan gunakan grafik yang diberikan oleh platform trading dari sekuritas yang digunakan, sebab terdapat banyaknya keterbatasan.

Supaya dapat mengetahui analisa berbagai perkembangan grafik terkini, cobalah menggunakan berbagai software penyedia grafik. Kini para developer sudah banyak menciptakan berbagai software yang dilengkapi dengan berbagai fitur di dalamnya. Contoh grafik online yang bisa dipakai salah satunya yaitu. Nexus, Chart serta AmiBroker.


Mengapa Penggunaan Indikator Moving Average Penting?

Sudah dipergunakan lebih dari 100 tahun, memungkinkan Moving Average dipergunakan untuk memperkirakan jumlah permintaan yang terdapat dalam sebuah produk. Hal yang perlu diperhatikan saat penjualan saham, indikator tersebut tidak dapat dijadikan solusi. Berfungsi hanya untuk sekedar mengkonfirmasi tren harga terkini atau kurang lebih sebagai alat bantu.

Sejumlah saham terus bergerak mengikuti transaksi dalam bursa mengakibatkan fluktuasi, di mana saham selalu mengalami naik turun. Hal tersebutlah yang akan menghadirkan berbagai tren. Saat itulah Moving Average berperan penting dalam menetapkan harga terkini sebuah saham pada periode tertentu. Berikut beberapa sifat yang dimiliki oleh indikator ini, salah satunya yaitu :

  • Terdapat indikator yang memperhalus sertiap pergerakan saham yang mengalami naik turun.
  • Termasuk ke dalam salah satu trend following yang mendeteksi harga saham sesuai tren waktu tertentu.
  • Berasal dari informasi harga terdahulu, sehingga pemberian sinyal yang masuk lambat.


Jenis Indikator Moving Average yang Perlu Diketahui

Proses analisa sangatlah penting dalam membaca dan menterjemahkan gambaran dari grafik yang ada. Terkadang para pemula yang baru mempelajari indikator tersebut belum mengetahuinya dengan jelas, termasuk jenis. Pembagian berdasarkan jenisnya secara umum terbagi 2 yaitu :

1. SMA

Tergolong ke dalam bentuk yang paling sederhana membuat Simple Moving Average atau yang biasa disebut SMA ini banyak dipergunakan untuk trading. Perhitungan yang terdapat di dalamnya juga sangatlah sederhana, di mana harga dibagi dengan periode yang ada. Jadi rata-rata hasil yang diperoleh terus berkembang seiring berjalannya waktu.

2. EMA

Menginginkan indikator yang lebih responsif terhadap hal update terkini? maka pilihan yang tepat untuk menggunakan Exponential Moving Average. Apabila dibandingkan dengan Simple Moving Average pergerakannya memang tak terlalu berpengaruh saat terjadi lonjakan harga secara mendadak.

Keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan indikator ini dapat mengetahui tren harga pasar terkini lebih awal dengan berbagai keuntungan yang lebih. Kondisi yang disesalkan yaitu ketika pasar sedang mengalami konsolidasi, dengan pendeteksian sinyal yang lemah. Hal tersebut diakibatkan oleh indikator cepat saat bereaksi terhadap perubahan harga.


Nah, itulah ulasan indikator moving average yang perlu untuk diketahui, tidak hanya digunakan oleh pemula namun juga para profesional. Perlu diingat jika penggunaan indikator tersebut, sepenuhnya tergantung dari cara individu dalam membuat keputusan.

Posting Komentar untuk "Berikut Indikator Moving Average yang Perlu Diketahui!"