Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fibonacci Retracement adalah Indikator Analisis Trading, Ini Penjelasannya!

Dalam dunia trading, ada beberapa indikator analisis yang digunakan untuk menyusun strategi demi memperoleh profit. Fibonacci retracement adalah salah satu indikator yang banyak digunakan sebagai strategi para trader. Kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai pengertian fibonacci retracement serta penggunaannya di dunia trading.


Pengertian

Fibonacci sebenarnya berasal dari bidang ilmu matematika. Dikenal sebagai deret fibonacci yang dicetuskan oleh ilmuwan asal Italia. Deret fibonacci ini dimulai dari angka nol yang kemudian diikuti oleh hasil penjumlahan dari dua angka yang ada di hadapannya. Deret fibonacci ini sebenarnya sudah dipelajari di masa sekolah dulu dan ternyata punya banyak manfaat termasuk di bidang trading.

Deret angka fibonacci disebut spesial karena nilai angka di deret ini selalu memiliki nilai 1,618 kali lebih besar daripada angka sebelumnya. Sementara itu, jika dibandingkan dengan angka sesudahnya maka angka di deret ini memiliki nilai 0,618 kali lebih kecil. Nilai 1,618 serta 0,618 ini kemudian dinamai sebagai golden ratio atau phi.

Golden ratio ini dimanfaatkan pula di dunia finansial. Bagi para trader, pola golden ratio ini memiliki konsep yang sama dengan pergerakan harga sebuah aset di bursa. Meskipun memang dibutuhkan analisis dan perhitungan lebih jauh lagi untuk melihat pergerakan harga tersebut.


Fibonacci Retracement

Teori fibonacci sebenarnya ada dua yakni extensions dan retracement. Kali ini yang dibahas adalah fibonacci retracement yang berfungsi penting bagi para trader. Fibonacci retracement adalah indikator yang akan memberi gambaran besar penurunan harga aset yang berlangsung sementara sesuai deret fibonacci.

Retracement itu sendiri merupakan kemunduran dengan nilai yang kecil atau dikenal juga dengan nama pullback. Meskipun bersifat sementara dan terhitung tidak berbahaya namun indikator ini penting untuk diketahui oleh para trader. Saat diaplikasikan dalam metode analisis teknikal, deret angka dari fibonacci tadi akan dibuat grafik aset yang berbentuk garis horizontal.

Banyak disebutkan bahwa ketika posisi harga berada di dekat wilayah fibonacci maka ada kemungkinan besar nilai tren berubah. Oleh sebab itu trader harus bersiap. Hanya saja ini baru kemungkinan dan perlu ada dukungan dari indikator lain untuk membuktikan apakah perkiraan tersebut memang benar atau tidak.


Cara Penggunaan

Ada beberapa prinsip penting yang harus dipahami seputar penggunaan fibonacci retracement ini. Tentunya pemakaian indikator ini harus dipelajari sebelum trader pemula memulai aktivitas trading-nya. Berikut adalah beberapa hal yang berhubungan dengan cara penggunaan fibonacci retracement:

  • Sudah tersedia perhitungan otomatis fibonacci di aplikasi trading (tidak perlu menghitung memakai rumus)
  • Jika fibonacci retracement sudah ditampilkan dalam bentuk chart, maka lakukan analisis dan amati apakah pergerakan harga mendekati garis level atau tidak
  • Setelah ditemukan pola berulang setiap kali jenis instrumen yang diamati memasuki garis level, maka trader bisa langsung menentukan keputusan
  • Tentukan titik stop loss serta titik dimana ingin mendapatkan profit
  • Gunakan strategi indikator yang lain untuk meyakinkan langkah atau pilihan yang diambil

Pada dasarnya fibonacci ini akan menjadi indikator yang bisa memberi informasi level support dan resistance di pasar forex. Sebenarnya trader bisa saja mengambil langkah dengan menggunakan strategi analisis fibonacci saja. Namun agar jauh lebih aman sangat disarankan untuk menggunakan dukungan indikator lainnya.


Fibonacci retracement adalah salah satu komponen penting dalam dunia trading. Pastikan untuk mempelajari indikator ini dengan baik agar bisa mengambil langkah trading yang menguntungkan. Namun, pahami juga bahwa analisis dengan indikator fibonacci ini masih punya risiko sehingga bisa digabungkan dengan indikator lainnya.

Posting Komentar untuk "Fibonacci Retracement adalah Indikator Analisis Trading, Ini Penjelasannya!"