Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FOMO Trading Adalah Tren Penuh Resiko yang Perlu Dikontrol

Menjadi seorang trader memang tidak semudah kelihatannya sebenarnya. Banyak resiko yang pada kenyataannya bisa menjadi kerugian besar. Salah satunya adalah terjadinya FOMO trading. 

Kegiatan trading satu ini menjadi satu kegiatan yang seringkali dilakukan padahal banyak resiko yang bisa terjadi.  FOMO trading adalah suatu rasa takut yang terjadi karena kemungkinan terjadinya kenaikan harga saham.

Hal seperti ini seringkali terjadi karena trader merasa takut saham akan memiliki nilai beli lebih tinggi di masa akan datang yang akhirnya melakukan pembelian di harga tinggi tersebut. 

Padahal bisa saja harga saham mengalami penurunan harga dan pada saat itulah seharusnya trader membeli saham. Nah, lalu bagaimana sih cara mengatasi FOMO? Simak ulasannya di bawah ini :

1. Membuat Perencanaan dalam Trading

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan trading adalah memiliki perencanaan trading yang tepat sebagai satu backup untuk meminimalisir resiko. Tentunya bila perencanaan telah dilakukan dengan tepat, nantinya trader bisa memiliki cara tepat untuk menghindari resiko-resiko yang terjadi.

Melalui perencanaan ini jugalah nantinya keputusan dan pertimbangan akan bisa diambil saat melakukan trading. FOMO trading adalah salah satu resiko yang bisa menjadi kendala bila perencanaan ini tidak dilakukan dengan matang oleh trader apalagi bagi trader pemula.


2. Tetap Tenang

Permasalahan yang seringkali terjadi dan menjadi penyebab terjadinya FOMO trading adalah perasaan terburu-buru dan tidak sabar yang dimiliki oleh trader. Hal seperti ini sebenarnya harus dihindari supaya tidak terjadi resiko besar.

Biasanya keinginan untuk mendapatkan keuntungan yang cepat dan besar menjadi pemicu hal ini terjadi. Padahal dengan mengedepankan sikap tenang juga sabar, nantinya trader pasti akan memiliki timing yang tepat untuk mendapatkan saham di harga normal atau bahkan lebih rendah.


3. Kumpulkan Informasi yang Valid

Media sosial menjadi pemicu utama yang seringkali menjadi penyebab seseorang terjebak dalam FOMO trading.  

Informasi yang tersebar dengan cepat melalui media sosial inilah yang biasanya membuat seseorang tidak stabil dan memiliki rasa khawatir berlebih. Pada akhirnya kekhawatiran inilah yang membuat seorang trader gegabah dalam mengambil keputusan.

Nah, karena itulah informasi yang valid akan menjadi satu hal penting yang harus dilakukan supaya tidak terdoktrin informasi tidak valid dan beragam yang tersebar di media sosial. Melalui kumpulan informasi valid inilah nantinya trader bisa mengambil keputusan yang tepat saat melakukan trading.


4. Kontrol Terjadinya FOMO

FOMO trading adalah satu hal yang tidak bisa dihindari oleh seorang trader namun, tren ini bisa dikontrol dengan tepat oleh seorang trader. Tentunya dengan memiliki perencanaan trading yang tepat serta tidak terburu-buru dalam melakukan trading bisa menjadi salah satu solusinya. 

Jangan pula terlalu cepat untuk menentukan melakukan transaksi dalam suatu trading saat harga terus naik. Hal ini bisa menjadi pemicu terjadinya FOMO karena pada dasarnya dalam suatu trading tidak selalu harga akan mengalami kenaikan pada saat harga tinggi. Bisa saja harga saham akan turun drastis dalam waktu yang cepat.


5. Jangan Berhenti Belajar

Pengalam adalah guru terbaik. Hal ini juga berlaku dalam trading. Memiliki jurnal khusus untuk mengetahui progres trading yang pernah dilakukan bisa jadi solusi untuk terus berkembang dalam melakukan trading. 

Mencari mentor yang tepat juga bisa dilakukan selain itu, seorang trader juga bisa menjadi informasi yang valid dan belajar melalui media online seperti website atau Youtube.

Sharing dengan orang-orang yang sudah berkecimpung lama dalam dunia trader atau membaca buku trading juga bisa dilakukan. Melalui pembelajaran dan pengalaman inilah nantinya segala bentuk resiko dalam trading termasuk trading FOMO bisa diminimalisir.


FOMO trading adalah satu resiko yang cukup berbahaya bagi trader namun, bukan berarti tidak bisa diminimalisir. Melakukan perencanaan seperti yang telah disinggung di atas adalah satu solusi tepat untuk meminimalisir terjadinya tren ini.

Posting Komentar untuk "FOMO Trading Adalah Tren Penuh Resiko yang Perlu Dikontrol"