Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Indikator Momentum? Simak Ulasan Lengkapnya di Sini!

Wawasan yang luas serta pengetahuan yang cukup dapat mempermudah seorang investor untuk mendapatkan sejumlah profit. Keuntungannya saat ini sudah bisa menggunakan Indikator momentum yang tepat dalam melakukan sebuah analisa. Berikut penjelasan lengkapnya.


Apa itu Indikator Momentum?

Pengertian dari sebuah indikator momentum adalah suatu pengukuran yang tidak memperdulikan cepat atau tidaknya perubahan pada harga saham. Pada ruang lingkup lebih luas, indikator tersebut bernama oscillator yang menjunjung prinsip jual atau beli saat sudah mempunyai data. Hal yang perlu diingat yaitu untuk tidak terlalu terburu-buru dalam menentukan sikap.

Penyebabnya dikarenakan trader sebelumnya harus mendapatkan konfirmasi lanjutan di bursa saham terkait kondisi harga saham real terkini. Harga saham termasuk indikator yang termasuk ke dalam tolak ukur indikator tersebut. Sebab akan ada perbandingan trend anatara harga dari waktu ke waktu.

Cara membaca indikator tersebut dapat menggunakan tanda panah yang akan terlihat jika grafik sebuah harga saham mencapai harga 100. Kondisi akan terus berubah, dimana terkadang panah akan mengarah ke atas yang artinya kenaikan harga dan ke bawah untuk penurunan.

Tujuan dalam indikator ini berfungsi untuk memperlihatkan pergerakan tren yang sedang bekerja. Garis 100 adalah garis penting yang selalu bergerak naik menuju angka 100 dengan panah ke atas. Fungsi dari Oscillator hanya sebagai pemberian sinyal tentang pembalikan arah dan harga saja.

Bukan berarti dengan begitu penggunaan oscillator selalu memberikan sinyal pembalikan arah dan yang lainnya. Terdapat beberapa candle yang menggunakan cara ini, namun malah sebaliknya tidak terjadi pembalikan harga. Intinya beberapa cara tersebut harus disesuaikan lagi dengan kebutuhannya.


Sistem Penerapan Momentum

Pergerakan yang terdapat pada sistem penerapan momentum terjadi karena adanya kenaikan dan penurunan. Dapat dilihat jika dari tanda panah yang selalu mengalami perubahan, terkadang keatas maupun kebawah. Hal ini disebabkan oleh harga yang juga mengikutinya.

Sebenarnya jika dilihat sekilas, indikator tersebut lebih mirip dengan indikator yang terdapat pada moving average. Perbedaanya terletak pada momentum dasar yang digunakan untuk memperkirakan pergerakan harga di waktu mendatang. Tidak lupa sebelumnya telah mendapatkan panduan sinyal beli dan jual. Dibandingkan momentum lebih banyak memakai tren harga saham sebab sifatnya lagging.  


Penggunaan Indikator Momentum

Supaya bisa menggunakan sebuah indikator, terdapat beberapa cara yang dapat digunakan oleh setiap trader. Biasa Nya masing-masing investor akan memberikan informasi terkait yang berhubungan dengan jual dan beli. Berikut penggunaanya yaitu:

1. Sebagai Analisa Divergence

Pada sebuah analisa akan terlihat sebuah ikatan yang baik saat ada kemungkinan perubahan antara divergence. Kondisi tersebut paling sering digunakan dalam indikator ini yaitu:

  • Bearish. Suatu keadaan yang memungkinkan terjadinya perubahan pada tren dari adanya perdagangan saham antara penjual dan pembeli. Saat inilah kemungkinan besaran harga akan mengikuti momentum.
  • Bullish. Menampilkan grafik yang memperlihatkan trend naik atau turun dari suatu indikator.

2. Melihat Adanya Potensi

Potensi yang dapat terlihat pada indikator tersebut yaitu oversold and overbought, dimana keadaan jenuh daya jual saham terlihat. Faktor penyebabnya bisa saja dikarenakan beberapa perubahan pada trend yang menjadi bullish.

3. Memastikan Pembacaan Garis Ekuilibrium

Pergerakan silang yang terjadi pada garis ekuilibrium dari atas ke bawah menunjukkan adanya indikasi tangkap dalam penjualan saham. Kondisi inilah ketika harga saham naiklah yang dapat menguntungkan sejumlah profit bagi investor.


Itulah penjelasan terkait beberapa hal dalam indikator momentum yang perlu untuk dipahami. Pembelajaran terkait saham investasi serta trading tidak hanya melalui satu indikator namun harus dilengkapi dengan analisis lainnya. Hal inilah yang akan membuat seseorang berhasil di bidang investasi.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Indikator Momentum? Simak Ulasan Lengkapnya di Sini!"