Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mari Mengenal Apa Itu Stochastic Melalui Uraian Berikut, Jangan Sampai Ketinggalan!

Tidak dapat dimungkiri bahwa pada masa sekarang, semakin banyak investor atau trader saham yang memanfaatkan bantuan dari beberapa indikator trading. 

Misalnya, terdapat indikator khusus trading mulai dari Moving Average Convergence Divergence hingga Stochastic Oscillator yang memiliki karakteristik masing-masing yang khas. Secara tidak langsung, informasi tentang apa itu stochastic penting diketahui.

Secara garis besar, stochastic merupakan salah satu indikator trading yang seringkali dimanfaatkan oleh trader yang termasuk ke dalam kategori momentum. 

Selain itu, indikator ini juga memiliki karakteristik-karakteristik secara khusus yang membedakannya dengan indikator yang lainnya seperti Moving Average Convergence Divergence. Untuk mengetahui secara lebih detail, silakan simak ulasan berikut ini:

1. Indikator Trading Paling Populer

Aspek pertama yang perlu diketahui oleh setiap trader terutama yang berencana untuk memanfaatkan indikator trading adalah popularitas yang dimiliki. 

Jenis indikator yang dinamakan dengan stochastic ini dapat dikategorikan sebagai salah satu indikator trading paling populer untuk digunakan di Indonesia. Ditambah lagi, indikator ini telah direkomendasikan oleh beberapa trader yang berpengalaman.


2. Berfungsi Menilai Kekuatan Tren

Secara sederhana, jenis indikator ini memiliki fungsi utama yang sama dengan indikator-indikator lainnya yang berkaitan dengan menganalisa tren pada saham. Meskipun begitu, indikator ini sejak awal berfokus pada melakukan perhitungan ataupun penilaian terkait dengan kekuatan tren yang terjadi di pasar. Selain itu, penilaian tren disesuaikan berdasarkan pada beberapa faktor penting.


3. Dikembangkan oleh George Lane

Terkait dengan apa itu stochastic, setiap trader perlu mengetahui dahulu tentang siapa tokoh yang menciptakan jenis indikator yang populer tersebut. Jika indikator Moving Average diciptakan oleh tokoh bernama Gerald Appel, maka indikator ini diciptakan oleh tokoh asal Chicago bernama George Lane. Indikator ini sendiri diciptakan khusus pada sekitar tahun 1950.


4. Memiliki Dua Level Ekstrem

Selanjutnya terdapat aspek yang jangan sampai dilewatkan untuk diketahui terutama oleh trader pemula untuk memanfaatkan jenis indikator analisis teknis ini. Secara sederhana, sejak diciptakan dan dirilis oleh tim yang dibuat oleh George Lane, indikator ini telah dilengkapi dengan dua level. Kedua level tersebut dibedakan menjadi level 20 dan level 80.


5. Terdiri dari Banyak Periode

Jika ingin tahu tentang apa itu stochastic, maka informasi terkait tentang jumlah periode yang dimiliki oleh indikator ini termasuk penting. Misalnya, pada indikator Stochastic RSI, telah tersedia sekitar 14 periode yang tentu saja dapat dijadikan sebagai pilihan sesuai kondisi masing-masing. Selain itu, jumlah periode tersebut masih perlu disesuaikan dengan skala yang dipakai.


6. Sensitif Terhadap Pergerakan Pasar

Terdapat karakteristik sekaligus kelebihan yang dimiliki oleh indikator ini yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dari trader sebelum memutuskan mencoba. Hal ini dikarenakan sifat sensitivitas terhadap pergerakan pasar terutama ketika menunjukkan momentum yang tepat untuk transaksi jual beli dapat dimanfaatkan. Sementara di sisi lain, pergerakan tersebut perlu diperhatikan secara teliti.


7. Menunjukkan Dua Jenis Sinyal

Terakhir, ada aspek yang tidak boleh dilewatkan untuk diketahui sejak awal agar dapat memanfaatkan indikator ini secara tepat dan maksimal. Jenis indikator ini dilengkapi dengan dua sinyal yang dibedakan secara khusus melalui pergerakan pada grafik yang ada, baik sell atau buy. Setiap sinyal juga perlu disesuaikan dengan kondisi yang dibutuhkan.


Penjelasan secara detail tentang apa itu stochastic di atas dapat diketahui dan dipahami terlebih dahulu sebelum benar-benar memutuskan untuk mencoba. Secara sederhana, indikator dengan nama lengkap Stochastic Oscillator ini termasuk ke dalam kategori indikator yang berfokus pada momentum pasar. Selain itu, jenis indikator yang populer ini telah diciptakan sejak lama.

Posting Komentar untuk "Mari Mengenal Apa Itu Stochastic Melalui Uraian Berikut, Jangan Sampai Ketinggalan!"