Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Lengkap Cara Membaca Grafik Trading Ini Dapat Dijadikan sebagai Referensi

Seiring dengan berjalannya waktu, tidak dapat dimungkiri bahwa semakin banyak orang yang memutuskan untuk mencoba aktivitas trading saham yang menguntungkan. Pada umumnya, terutama untuk pemula, trader memanfaatkan bantuan dari platform berupa situs web ataupun aplikasi saham sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, cara membaca grafik trading perlu diketahui sejak awal.

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa grafik yang ditampilkan melalui situs web atau aplikasi memiliki peran yang besar dalam proses trading. Namun sayangnya, masih banyak yang bingung terkait prosedur yang tepat untuk membaca grafik trading yang ditampilkan pada platform yang dipakai. Jika ingin tahu secara detail, maka simak ulasan berikut ini:

1. Memahami Setiap Istilah Trading

Pertama-tama, setiap trader perlu melakukan survei secara sederhana terkait dengan apa saja istilah yang terkenal dalam proses trading saham. 

Pemahaman akan beberapa istilah baik yang bersifat umum ataupun khusus dalam trading tersebut dapat mempermudah trader untuk memperoleh keuntungan masing-masing. Selain itu, pemahaman terkait istilah-istilah tersebut dapat mempermudah trading secara rutin.


2. Memperhatikan Pergerakan Harga Saham

Kemudian terdapat prosedur untuk membaca grafik pada trading yang perlu dilakukan dengan teliti dan hati-hati sejak awal oleh setiap trader. Setiap trader perlu memperhatikan adanya pergerakan harga saham yang terjadi dan ditunjukkan melalui grafik pada situs atau aplikasi masing-masing. Selain itu, sesuaikan pergerakan harga saham tersebut dengan buy atau sell.


3. Memeriksa Timeframe secara Berkala

Selain melakukan dua prosedur di atas, cara membaca grafik trading dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan terhadap timeframe saham secara berkala. Namun sebelum itu, setiap trader perlu melakukan penyesuaian karakteristik dari platform saham yang dipakai dengan sistem atau strategi yang dipilih. Lakukan pengecekan secara teliti dengan melihat tampilan grafik yang ada.


4. Melakukan Penyesuaian Tipe Trading

Seperti yang dijelaskan pada poin yang sebelumnya bahwa setiap trader perlu melakukan penyesuaian platform yang dipakai dengan tipe trading masing-masing. Misalnya, jika trader memiliki rencana untuk melakukan trading dengan tipe dalam waktu semalam, maka sesuaikan pula dengan time frame yang dipakai. Selain itu, tipe trading memerlukan pemilihan harga saham yang sesuai.


5. Mempertimbangkan Ketentuan Terkait Spread

Terdapat cara membaca grafik trading lainnya yang jangan sampai dilewatkan untuk diketahui terlebih dahulu untuk mempermudah trader dalam memperoleh keuntungan. Setiap trader perlu melakukan pengamatan secara rutin terkait dengan spread atau dikatakan sebagai selisih yang ada antara sell dan buy. Pengamatan tersebut dapat memberikan batasan harga saham ketika transaksi dilakukan.


6. Memperhatikan Peran dari Indikator

Tidak dapat dimungkiri bahwa pada masa sekarang, semakin banyak orang yang memutuskan untuk memanfaatkan beberapa indikator yang populer seperti MACD. 

Oleh karena itu, jika memutuskan untuk memanfaatkan satu atau beberapa indikator trading, maka sebaiknya perhatikan peran yang dimiliki secara tepat. Jangan sampai pemakaian indikator tersebut tidak disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.


7. Mengecek Zona Waktu Trading

Terakhir, untuk meningkatkan kategori profit yang diharapkan oleh para trader termasuk pemula, maka sebaiknya periksa pula zona waktu yang dipakai. Pengecekan zona waktu yang dipakai pada platform trading saham masing-masing baik zona New York ataupun Tokyo dapat membantu pemahaman pasar. Selain itu, trader juga akan memperoleh informasi yang memang terkini.


Uraian yang menjelaskan secara detail dan lengkap tentang cara membaca grafik trading di atas dapat dijadikan sebagai rekomendasi untuk dicoba. Prosedur di atas perlu dipraktikkan dengan tetap disesuaikan pada kondisi dan kebutuhan yang dimiliki mulai dari pengecekan timeframe hingga spread. Setiap trader juga perlu memeriksa zona waktu yang dipakai masing-masing.

Posting Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Membaca Grafik Trading Ini Dapat Dijadikan sebagai Referensi"