Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahami Apa Itu Trading Sideways Melalui Penjelasan Berikut Ini!

Bagi orang yang berkecimpung di dunia trading, pasti sudah tidak asing dengan berbagai jenis trading yang ada. Di antara semua jenis trading, ada satu jenis yang umum dipakai. Jenisnya bernama trading sideways yang mulai dipakai banyak orang. Trading jenis ini tentu saja berbeda dengan berbagai jenis yang ada.


Mode trading ini memiliki pengertian dan cirinya sendiri. Bahkan untuk penggunaannya sendiri juga ada tips-tips tersendiri. Jadi, jika ingin mencoba trading jenis ini haruslah mengetahui segala seluk-beluknya. Penasaran dengan semua uraian yang ada? Simak penjelasan yang berkaitan dengan poin tersebut di bawah ini:



Apa Itu Trading Sideways?

Sideways adalah suatu kondisi yang sangat berpengaruh dalam kegiatan trading. Jika dilihat dari pengertiannya, maka bisa diartikan sebagai kondisi penuh keraguan. Jadi, jika melakukan trading ini maka tradingnya sedang berada di kondisi tersebut. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa komponen yang ada saat trading.

Alasan utama yang menyebabkan keraguan tersebut adalah kuatnya bullish dan bearish. Dua komponen ini sama-sama kuat, sehingga bisa menyebabkan kondisi penuh dengan keraguan. Lalu bagaimana ciri-ciri trading jenis ini? Jika ingin jawabannya, maka pahami satu per satu poin cirinya di bawah ini:

  • Tampilan visualnya sangat bergantung pada jenis indikator yang dipakai.
  • Dipakai sebagai perhitungan kekuatan pasar.
  • Bisa memperhitungkan pergerakan pasar di waktu mendatang.
  • Sebagai analisis komprehensif soal volume trading.
  • Perhitungan deviasi absolut dan relatifnya ada di atas rata-rata.


Tips Saat Melakukan Trading Sideways

Untuk melakukan trading ini, maka harus mematuhi beberapa tips yang ada. Trading sideways juga bukan perkara mudah. ada beberapa strategi yang harus diutamakan. Maka dari itu, pastikan untuk mematuhi beberapa tips yang ada. Berikut daftar tips yang bisa dipakai sebagai acuan saat melakukan tradingnya:

1. Jangan Lakukan Trading Saat Sedang Choppy

Saat pasar sedang dalam kondisi choppy, maka jangan lakukan trading. Kondisi choppy adalah kondisi di mana pasar sedang tidak beraturan. Hal ini juga ada penyebabnya, yaitu karena terjadi konsolidasi pasar yang membuat banyak trader saling menunggu. Maka dari itu, kondisi ini tidak pas untuk dijadikan waktu trading.

Kenapa tidak layak dijadikan waktu trading? Karena saat dalam kondisi choppy, bar-nya tidak akan berjalan stabil dan semestinya. Sehingga risk reward ratio-nya akan sulit untuk ditetapkan. Lebih baik jangan melakukan trading dulu dan tunggu waktu yang tepat sampai kondisi kembali stabil untuk melakukan trading.

2. Pahami Kondisi Saham

Tips kedua yang harus dipahami adalah kondisi sahamnya. Jika kondisi saham tidak layak trading, maka jangan lakukan. jika tetap dipaksakan, maka kerugian yang akan didapat. Maka dari itu, pastikan untuk memahami kondisi layak atau tidaknya saham. Jangan sampai menyepelekan hal ini dan malah membahayakan profit.

3. Pakai Price Action

Penggunaan price action ini akan sangat tepat dengan kondisi sideways. Maka dari itu, pastikan untuk mengaplikasikan metode satu ini karena bisa membuat kondisi kembali stabil. Jika kondisi stabil, maka bisa memberi dampak yang baik untuk trader. Keuntungan juga tidak akan jauh dari jangkauan jika metode ini diaplikasikan.

4. Pahami Arah dalam Pasar

Untuk melakukan trading, maka poin lain yang harus dipahami adalah arah pasar. Sebagai trader, pergerakan pasar merupakan acuan pertama untuk melakukan kegiatan. Baik kondisi lesu atau sedang baik, semua harus dipahami. Dengan demikian, melakukan trading tidak akan menjadi masalah jika sudah memahami hal ini.


Demikianlah penjelasan lengkap tentang pengertian trading sideways beserta dengan ciri-cirinya. Tidak hanya itu, tips saat melakukan tradingnya juga sudah dijabarkan. Dengan demikian, trader sudah bisa memulai trading dan melihat acuan yang ada. Semakin baik penerapannya, maka profit dan keuntungannya juga akan baik.


Posting Komentar untuk "Pahami Apa Itu Trading Sideways Melalui Penjelasan Berikut Ini!"