Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Kelebihan dan Resiko Trading Valuta Asing Secara Lengkap!

Trading valas atau valuta asing menjadi salah satu cara investasi yang mulai digemari saat ini. Banyak dari investor yang mulai melirik jenis investasi ini. Hal ini dikarenakan kelebihan serta resiko yang dimiliki oleh trading valuta asing. Ingin tahu apa saja kelebihan serta resiko dari melakukan jenis trading ini? Simak uraian selengkapnya di bawah ini!

Kelebihan Melakukan Trading Pada Valuta Asing

Setiap jenis investasi yang ada, pasti masing-masing memiliki kelebihan atau keunggulan dibandingkan dengan yang lainnya. Adapun kelebihan yang dimiliki dari trading pada valuta asing ini yaitu:

1. Investasinya Bersifat Likuid

Untuk proses pencairan pada investasi valuta asing ini dapat dilakukan secara cepat. Meskipun sang investor harus tetap menunggu momen nilai kurs mata uang meninggi, hanya saja penantian waktu tersebut tidak berlangsung lama. Karena setiap detik, nilai dari kurs mata uang tertentu akan selalu mengalami pergerakan baik turun maupun naik.


Pada jenis investasi saham, proses pencairan cenderung membutuhkan waktu yang lama. Karena terdapat berbagai masalah dalam pencairan investasi saham ini. Salah satunya yaitu masalah suspense yang menyebabkan uang dari investor tersebut tertahan. Bahkan durasi waktu dari uang yang tertahan tersebut tidak dapat dipastikan.

Sehingga, jenis investasi pada valuta asing ini sangat membantu orang-orang dalam memenuhi kebutuhan yang mendesak. Karena pada jenis investasi ini, sang investor dapat segera menerima uangnya jika diperlukan.

2. Kegiatan Transaksi yang Cenderung Fleksibel

Pada transaksi investasi yang berupa valuta asing, dapat dilakukan secara fleksibel dan tanpa ribet. Karena segala transaksi dan persyaratan untuk memulai investasi ini juga bersifat virtual. Investor tersebut hanya memerlukan akses internet yang lancar untuk melakukan transaksi valuta asing ini. Alat yang diperlukan bisa HP sang investor, jadi tidak harus menggunakan laptop/komputer.

Selain itu, tidak ada jadwal khusus dalam menjalankan transaksi valuta asing ini. Mengapa? Karena pasar pada valuta asing ini tersedia selama 24 jam. Sehingga, waktu tersebut cukup fleksibel bagi investor yang menjadikan kegiatan ini sebagai sampingan saja. Namun, perlu dicatat bahwa meskipun pasar dibuka selama 24 jam, pasar tersebut juga memiliki beberapa pengkategorian, seperti Eropa, Asia, Amerika, dsb.

3. Tidak Memerlukan Biaya Tambahan

Dalam pelaksanaan investasi valuta asing ini, investor tidak dikenakan biaya tambahan apapun selama kegiatan investasi. Mulai dari pendaftaran akun hingga memulai transaksi jual ataupun membeli. Sehingga, investor tidak perlu mengkhawatirkan jika keuntungan yang didapat akan berkurang untuk membayar biaya tambahan/administrasi. Karena pada kegiatan investasi ini, pemberian biaya tambahan tidak pernah dilakukan.


Resiko Melakukan Trading Valuta Asing

Dalam suatu kegiatan yang diambil tentu memiliki resiko yang harus dihadapi di suatu hari nanti. Begitu pula dengan pelaksanaan investasi berupa valuta asing ini. Adapun resiko yang harus diketahui investor dalam investasi valuta asing in, yaitu:

1. Pergerakan Nilai Tukar yang Cepat

Dalam investasi valuta asing ini, yang menjadi sumber keuntungan investor yaitu selisih dari nilai kurs mata uang tersebut. Sedangkan, sistem pergerakan pada nilai tukar ini berjalan sangatlah cepat. Bahkan belum sampai satu menit, nilai kurs tersebut bisa saja naik atau turun yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Dengan adanya sistem pergerakan nilai kurs yang sangat cepat ini, sang investor harus lebih cermat dan teliti dalam menganalisa kemungkinan resiko yang harus dihadapi. Jangan sampai terjadi kerugian yang besar karena tidak cermat dalam menganalisis nilai tukar dari mata uang tersebut.

2. Pemerintah dari Asal Mata Uang Ikut Campur

Resiko yang harus dihadapi investor dalam melakukan investasi valuta asing ini yaitu adanya campur tangan pemerintah setempat terhadap mata uang negaranya. Misalnya, terdapat suatu intervensi dari pemerintah negara yang diwakili oleh Bank Sentral dengan melancarkan aksinya dalam menaikkan suku bunga. Selain itu, Bank Sentral tersebut juga akan membeli valutas asing dalam jumlah yang besar.


Itulah beberapa pembahasan mengenai kelebihan dan resiko dari melakukan Trading valuta asing ini. Dengan begitu, calon investor dapat memulai untuk mempersiapkan dirinya, baik jiwa maupun raganya sebelum terjun ke dunia investasi valuta asing.

Posting Komentar untuk "Berikut Kelebihan dan Resiko Trading Valuta Asing Secara Lengkap!"