Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara-Cara Menambang Ethereum Paling Mudah dan Aman!

Di tahun 2021 dikenal sebagai tahun kemenangan bagi para trader dan para investor untuk mata uang crypto atau cryptocurrency, apalagi Ethereum, yang dimana nialainya mengalami peningkatan yang cukup baik apabila dibandingkan dengan di tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu, Ethereum terlihat sudah menjadi pilihan yang paling unik sebagai salah satu aset investasi crypto yang terbaik di masa depan yang harus kalian pertimbangkan.

Di tahun 2022, jika kalian mengira nilainya pun akan meningkat tinggi, maka sudah saatnya kalian mencari informasi cara mining atau cara menambang Ethereum secara benar dan lengkap. Secara mudah, Ethereum berarti sebagai sebuah perangkat blockchain terdesentralisasi yang telah mentepakan sebuah jaringan peer to peer secara aman melaksanakan dan memverifikasi token aplikasi, yang diberi nama dengan smart contract atau kontrak pintar.

Kontrak pintar menyetujui para pemakai untuk saling melakukan transaksi tanpa harus adanya otoritas pusat yang terpercaya. Perangkat Ethereum memakai Ether untuk mata uang cryptonya. Untuk mining Ethereum, komputer-komputer yang ada di seluruh dunia akan bersaing untuk memecahkan puzzle cryptocurrency yang membutuhkan tenaga listrik dan energi komputer dan juga perangkat lainnya yang cukup besar.

Seorang miner yang bisa memecahkan puzzle untuk pertama kalinya akan diberi reward dengan Ether atau ETH. Bayaran ini membayar para miner untuk mengamankan jaringan, melakukan verifikasi pembayaran, dan menambah total blok ke blockchain. 


Berikut ini adalah cara-cara menambang Ethereum dengan mudah dan cepat yang bisa kalian coba lakukan :

1. Membuat wallet Ethereum

Cara pertama yang harus kalian lakukan untuk mining mata uang crypto ini ialah dengan membuat sebuah wallet crypto yang dimanfaatkan untuk menyimpan hasil mining Ethereum kalian. Oleh karena itu, kalian bisa menentukan sebuah wallet perangkat lunak ataupun perangkat keras sesuai kemauan kalian. Perlu kalian ketahui bahwa alasan keamanan perlu menjadi prioritas kalian saat menentukan wallet crypto terbaik.

Jadi untuk itu, silahkan kalian tentukan perangkat aplikasi yang aman dan sudah mempunyai reputasi yang baik pula di sekitaran para penambang, contohnya seperti Coinbase Wallet, MetaMask, myetherwallet, dan sebagainya. 


2. Update atau perbarui driver-driver GPU kalian

Cara selanjutnya ialah kalian harus melaksanakan update atau pembaruan pada driver-driver GPU milik kalian agar meyakinkan bahwa GPU bisa digunakan seefektif dan seefisien mungkin. Caranya, kalian hanya perlu mendownload update paling baru yang sudah disediakan oleh produsen GPU misalnya AMD atau Nvidia.

Bukan hanya itu saja, kalian juga harus tahu bahwa untuk menambang Ethereum, sebuah GPU nantinya membutuhkan ukuran VRAM lebih dari 4 GB. Maka, jika kalian masih memakai seperti RX 570 4 GB, bisa jadi mungkin penambangan kalian akan sedikit terganggu. 


3. Download perangkat atau software lunak penambang Ethereum 

Langkah ketiga yang bisa kalian laksanakan saat mau mining Ethereum ialah melakukan download sebuah perangkat atau software untuk menambang mata uang crypto ini. Jenis perangkat ini ialah aplikasi yang khusus dan memakai energi sistem komputer kalian untuk mining. Aplikasi-aplikasi ini biasanya menyajikan berita tentang kegiatan dan jumlah pendapatan secara menyeluruh.

Ada sangat banyak jumlah perangkat untuk menambang Ethereum untuk saat kini. Di antara yang paling baik dan terkenal yang sering dipakai oleh para penambang di dunia ialah Cudo miner, Trustcloudmining, CCG Mining, Claymore, dan masih banyak lagi.


4. Pilih sebuah mining pool atau kolam penambangan 

Selain kamu mendownload sebuah perangkat menambang pilihan kalian, kalian juga harus memilih salah satu kolam penambang untuk menjadikan tempat mining Ethereum kalian. Silahkan tentukan sebuah pool yang menurut pendapat kalian yang paling bagus yang akan mengasih peluang yang lebih besar dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini :

  • Banyaknya peserta mining.
  • Waktu ping yang menyebabkan penundaan pada kegiatan menambang.
  •  Besaran uang minimum yang harus kalian transaksikan ke mining pool itu.
  • Reputasi dari kolam penambangan itu sendiri.


5. Kumpulkan hasil reward dari mining kalian 

Cara terakhir yang harus kalian laksanakan ialah mengumpulkan hasil dari mining Ethereum kalian selama beberapa waktu. Caranya mudah, kalian bisa datang ke halaman website pool yang sudah kalian tentukan untuk melihat besaran reward yang sudah kalian dapatkan. 

Oleh karena itu, kalian copy paste alamat wallet Ethereum kalian ke dalam kolom searching untuk mengecek gambaran tentang reward dari usaha menambang kalian. Tentu saja hal itu bisa mengklaim reward kalian secara manual atau pengembang pool yang akan mengirimkannya secara otomatiske wallet Ether kalian.

Posting Komentar untuk "Cara-Cara Menambang Ethereum Paling Mudah dan Aman!"