Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambang Litecoin

Dalam dunia crypto, Litecoin bisa dibilang sebagai salah satu koin anternatif yang menarik perhatian para investor-investor crypto beberapa waktu lalu. Hal ini dikarenakan Litecoin menjanjikan mining yang bisa dibilang masih gampang dan murah dengan nilai yang menjanjikan. Dan juga kalian yang kini mau belajar cara menambang atau mining Litecoin dibandingkan dengan membelinya di platform exchange.

Waktu yang diperlukan untuk mining Litecoin memang bisa dibilang lebih cepat daripada dengan Bitcoin. Per blok Bitcoin diperlukan waktu sekitar 10 menit untuk mining Bitcoin, sedangkan Litecoin hanya perlu waktu sekitar seperempatnya saja. Walaupun ada Halving Day, mining Litecoin dinilai tetap menawarkan yakni 12,5 Litecoin per blok. 


Menambang Litecoin tidak berbeda jauh dengan mining jenis mata uang crypto yang lainnya, yakni dengan menyelesaikan blok yang ada di dalam perangkat blockchain Litecoin, caranya memverifikasi pembayaran Litecoin yang berlangsung. Kalian memiliki 3 opsi cara mining yang bisa kalian gunakan ini tidak jauh beda dan bisa kalian sesuaikan dengan profil mining kalian, yakni terdapat :

1. Solo Mining

Pilihan pertama dalam menambang Litecoin ialah dengan Solo Mining atau menambang secara mandiri. Yang berarti, buat memperoleh Litecoin, kalian harus mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan. internet untuk mining, dan biaya listrik. Walaupun nilai modal yang harus dikeluarkan besar sekali, akan tetapi kalian harus berbagi hasil dengan miner yang lainnya , misalnya, di cara mining pool.

Cara-cara yang bisa kalian lakukan untuk Solo Mining Litecoin yaitu sebagai berikut :

  • Menyiapkan dompet Litecoin, sebelum mulai mining tentu saja alangkah baiknya kalian sudah memiliki wallet untuk menyimpan hasil mining kalian. Kalian bisa memilih wallet yang kalian suka dan paling ideal.
  • Menyiapkan peralatan mining, menyiapkan peralatan mining Litecoin yang dibutuhkan yaitu ada hardware dan software. Hardware yang dibutuhkan ialah komputer dengan spesifikasi yang bagus dan khusus untuk menambang. Yang berarti ada 3 komponen dengan komputer daya optimal yang perlu kalian notice, yakni GPU, CPU, atau ASIC. Pilihan Solo Mining ini tidak hanya dilakukan di komputer saja, bahkan kalian bisa lakukan dari perangkat mobile atau smartphone kalian. Caranya adalah kalian perlu mendownload aplikasi mining yang bisa kalian peroleh dari situs milik perusahaannya. 
  • Jalankan mining sesuai dengan petunjuk, jika kalian sudah siapkan hardware dan software mining, setelah itu kalian cukup mengikuti arahan yang diberitahukan oleh software mining untuk melakukan mining.
  • Pantau perkembangan mining, saat proses penambangan sedang berlangsung, sebaiknya kalian memantau secara rutin agar memastikan semuanya berjalan sesuai dengan keiinginan. Dan juga, lihat balance di wallet Litecoin kalian agar memastikan hadiah mining sudah benar masuk dengan nilai yang sesuai. Kalian pun bisa memantau pegerakan nilai Litecoin agar memaksimalkan nilai Litecoin dari mining. 
  • Transfer Litecoin ke wallet yang aman, jika kalian memakai layanan untuk menyimpan hasil mining kalian untuk sementara, sesegera mungkin transfer Litecoin yang sudah kalian dapat ke wallet probadi kalian agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.


2. Mining Pool

Opsi cara mining Litecoin selanjutnya yang tidak kalah terkenal akhir-akhir ini ialah dengan join ke mining pool. Mining bersama-sama bisa mendapatkan peluang dan reward yang lebih banyak lagi dibandingkan dengan mining sendiri. Akan tetapi, hadiah yang sudah kalian dapatkan bersama-sama itu harus dibagi sesuai dengan peraturan pool. 

Yang artinya, jika kalian memakai peralatan yang sesuai, maka peluang untuk mendapatkan hadiah lebih banyak. Hal itu dikarenakan kalian bisa memakai rig mining dengan perangkat mining berdaya ASIC ataupun GPU. Berarti, langkah-langkah miningnya pun sama dengan solo mining, bedanya kalian bergabung dengan para miner yang lainnya untuk menghasilkan Litecoin.


3. Cloud Mining

Sebagai pilihan yang paling mudah, langkah cloud mining terbilang lebih sederhana dibandingkan dengan kedua pilihan yang diatas, yaitu sebagai berikut :

  • Pilih layanan cloud mining sesuai dengan hasil penelitian kalian, pilih paket dengan meriset setiap aspek yang diberitahukan di kontrak, dari biaya, peralatan yang dibutuhkan, sistem transaksinya harus gimana, dan lain-lain. Semakin banyak fasilitas yang kalian mau, maka kalian harus mempertimbangkan layanan cloud dengan bijak.
  • Pilih pool mining, juka kalian sudah memilih paket mining yang nantinya bisa memperoleh hash rate, setelahnya kalian perlu menentukan pool mining. Kalian akan tetap mining dengan bergabung ke pool, tetapi mempercayakan alat kepada pengembang penyedia cloud mining. 
  • Jalankan mining dan pantau kerjanya, kalian bisa melakukan mining dari layanan cloud sambil memperhatikan kerja dan hasil yang bisa kalian peroleh. 
  • Transfer hasil mining ke wallet pribadi, sesegera mungkin kalian pindahkan Litecoin itu ke wallet pribadi milik kalian. Lakukan transfer secara berkala sesuai dengan kalian tentukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diduga.

Posting Komentar untuk "Cara Menambang Litecoin"