Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dari Penggunaan DAI

DAI merupakan salah satu jenis mata uang crypto atau cryptocurrency yang diluncurkan dan dioperasikan oleh MakerDAO. Nilai DAI selalu disangkutkan dengan dolar dan menyesuaikan dengan 1 DAI sama dengan 1 USD. Sampai bulan Oktober 2019, DAI memakai Ethereum atau ETH untuk aset pendukung nilainya. 

Ini membuktikan bahwa DAI mempunyai sebanyak Ether untuk jaminan sebagai penjaga 1 DAI sama dengan 1 USD. Pada bulan November 2019, Basic Attention Token atau BAT sudah ditambahkan kepada aset pendukung nilai. Mempunyai banyak aset pendukung menciptakan nilai DAI menjadi lebih stabil.


Pergantian ini penting sekali untuk memahami MakerDAO. DAI dinyatakan sebagai token stabil diantara banyaknya jenis cryptocurrency. Token stabil secara umum artinya "mata uang crypto dengan fluktuasi nilai yang kecil." Uang flat misalnya seperti dolar dan euro diklaim sebagai mata uang dengan melengkapi tiga peran sebagai mata uang yaitu alat tukar harga, ukuran harga, dan pelestarian harga. 

Ada banyak request spekulatif sebagai cryptocurrency tradisional contohnya seperti Bitcoin. Maka dari itu, volatilitas harga cryptocurrency menjadi tinggi sekali dan tidak mungkin untuk melengkapi pelestarian harga. Jadi, pemakai cryptocurrency dalam keadaan seperti transfer, tabungan, transaksi yang tidak sesuai membuat masalah kesulitan dalam penyebaran ke pengguna umum.

Untuk mengatasi hak tersebut, stablecoin akhirnya mengembangkan untuk mekanisme sebagai pengurangan volatilitas nilai sebanyak mungkin dengan mendukung harga mata uang dan aset yang lainnya. Ini membuat cryptocurrency berperan sebagai menjaga harga dan diharapkan tersebar sebagai jenis mata uang. 

Berikut ini ialah beberapa macam-macam kelebihan dari penggunaan DAI yang harus kalian ketahui sebelum menggunakan koin DAI.

1. Nilainya yang Stabil

Beda dengan aset crypto pada biasanya yang mempunyai tingkat volatilitas yang cukup tinggi. Stablecoin ini bisa menjadi wujud alternatif jenis mata uang flat karena harganya yang stabil selalu dan sarana inklusi keuangan sebagai wilayah yang mempunyai ketidakstabilan eknomi yang cukup parah. Harganya yang stabil ini yang membuat keuntungan pemakai aset crypto DAI.


2. Bersifat Terdesentralisasi

Stablecoin ini mempunyai sistem yang transparan dan tidak adanya pihak yang mengelola. Hal itu tentu saja bisa menolong untuk memastikan bahwa para trader dan para investor mempunyai akses yang tidak terbatas yang lebih besar daripada investasi mereka sendiri. 


3. Tingkat Efisiensi Tinggi

Dalam banyak keadaan, nilai pembayaran aset crypto dapat tinggi sekali dan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan transfer bisa cukup lama. Dengan memakai stablecoin ini, waktu pemrosesan bisa dilaksanakan dengan lebih cepat. Oleh karena itu, pembayaran global dari satu dompet pemilik ke dompet lainnya akan jauh lebih transparan dan lebih efisien.


4. Keamanan yang Ketat

Sistem MakerDAO diketahui sebagai pemilik sistem audit dan penelitian ekstensif yang bisa menolong untuk memastikan keamanan sistem yang cukup kuat. Dengan memakai analisis matematis, tim developer secara resmi bisa memverifikasikan semua kontrak pintar dan mekanisme peraturan yang mendasari yang mewujudkan struktur internal platform.


5. Bentuk Alternatif Peminjaman

DAI juga mempunyai kelebihan untuk mengakses peminjaman atau lending dengan langkah yang bisa memberikan kalian keuntungan. Beda dengan cara kredit konvensional, yang dimana caranya dievaluasi dengan bank atau lembaga keuangan, pemakai hanya cukup memakai Ethereum dan setelahnya pemakai akan menerima sejumlah DAI tersebut. Jadi, jika pemilik di lain hari memutuskan untuk membayar pinjaman itu kembali, pemilik hanya membayar sedikit tambahan biayanya.

Posting Komentar untuk "Kelebihan dari Penggunaan DAI"