Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak Penjelasan XRP dan Kelebihan Ripple!

Setelah Bitcoin sudah terbukti bisa menjadi jenis mata uang digital, mata uang crypto lain terlihat tidak mau berdiam diri. Bermacam-macam mata uang crypto yang pelan-pelan mengikuti langkah Bitcoin dan menyaingkan peruntungan untuk mendapatkan kesuksesan yang sama . XRP merupakan salah satu diantaranya.

Ripple atau sering dikenal jugaa sebagai XRP. XRP ialah jenis mata uang digital yang berwujud koin yang diluncurkan oleh Ripple Labs. Walaupun sama-sama merupakan jenis mata uang digital, XRP dan Bitcoin mempunyai tujuan yang berbeda. Bitcoin dibuat sebagai mata uang cirtual yang ditujukan untuk transaksi barang dan jasa. Selain itu, XRP dibuat sebagai penyelesaian pembayaran atau payment settling, seperti penukaran dan pengiriman uang. 

XRP awalnya dibuat untuk industri keuangan, apalagi perbankan yang sering kali mendapatkan masalah penundaan pengiriman dana. Kedatangan XRP diharapkan bisa meminimalisirkan dana dan waktu pembayaran. Di masa depan, XRP dengan Ripple punyanya bahkan diramal bisa menguasai pembayaran internasional.


Cara Kerja Ripple

Tidak sama seperti Ethereum atau Bitcoin, yang mengandalkan platform blockchain untuk menampung aset cryptonya, Ripple lebih ditujukan pada transaksi digital lintas negara. Ripple menawarkan XRP untuk dijadikan alternatif yang lebih cepat dan sederhana dibandingkan dengan Bitcoin. XRP memberikan kemudahan pembayaran yang bisa diselesaikan dalam hitungan detik saja.

Kecepatan pembayaran itu bisa terjadi karena infrastukturnya terpusat dan tidak memakai proof of work layaknya seperti Bitcoin. Sementara itu, XRP juga menyediakan oleh sistem Ripple Labs lewat white consensus dan diluncurkan secara berkala. Walaupun Ripple dan XRP sering kali disebut sama, akan tetapi secara teknis, 2 hal ini beda.

Ripple adalah jaringan transaksi dengan peraturan yang bersifat open source, dan XRP merupakan aset virtual independen yang terpisah dari Ripple. Karena XRP memfasilitasi semua pembayaran di jaringan Ripple, jadi banyak orang terbiasa memanggilnya sebagai Ripple.

Tak hanya berguna sebagai mata uang digital, aset crypto ini juga bisa dipakai untuk pembayaran  yang bersifat likuid. Mata uang Ripple ini bisa dipakai sebagai bursa terhadap mata uang fiat, aset crypto lain, dan payment gateway. Kelebihan itu membuat XRP dikelompokkan sebagai jaringan teknologi sekaligus mata uang digital. Hal ini yang membuat XRP berbeda dengan cryptocurrency lainnya.

Seperti yang dikutip oleh The Street, CEO Ripple, Brad Garlinghouse menjelaskan bahwa dia lebih memfokuskan kepuasan customer dalam memakai Ripple, "Saya tidak begitu memikirkan market aset virtual. Saya lebihh memikirkan tentang pengalaman customer," katanya di sebuah konferensi pers.

Jika aset crypto ini diklaim beda dengan aset crypto yang lainnyaa, dari sisi jumlah, XRP masih sama mengikuti para pendahulunya yang diciptakan dalam kuantitas yang terbatas. Dalam berita ini, Ripple Labs hanya membuat 100 miliar XRP saja, 60% diantaranya masih dimiliki oleh Ripple. Hal tersebut bikin banyak orang menanggap XRP sebagai sekuritas, bukan sebagai mata uang virtual.


Keunggulan XRP1. Mediator Penukaran Mata Uang Berbiaya Murah

Ada banyak jenis mata uang yang tidak bisa langsung dikonversikan satu sama lain. Maka, bank harus memakai dolar AS sebagai mediator. Dalam melaksanakan konversi, kalian perlu melewatkan langkah yang panjang. Mulai dari menukar valuta asing menjadi dolar AS kemudian mengkonversikannya mata uang yang kalian mau. 

Akan tetapi, dengan Ripple, langkah panjang itu bisa dipotong menjadi lebih pendek. XRP ini juga bisa dipakai sebagai mediator dengan biaya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan dolar AS.

2. Waktu Pembayaran yang Singkat

Banyaknya waktu untuk melakukan transaksi dan konversi rata-rata XRP adalah 4 detik. Jauh lebih singkat dibandingkan dengan Bitcoin yang memerlukan waktu sekitar 10 menit sampai 1 jam atau sistem perbankan yang memakan durasi hingga beberapa hari. 

3. Sebagai Alternatif Transaksi

Dalam keadaan tertentu, ada berbagai marketplace atau jaringan yang memasukkan XRP sebagai salah satu pilihan transaksi. Pemakai bisa langsung melaksanakan pembayaran seperti melaksanakan pembelian barang antik, tidak perlu melakukan konversi mata uang terlebih dulu.

Posting Komentar untuk "Simak Penjelasan XRP dan Kelebihan Ripple!"